EDUKASI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET DAN MEDIA INTERNET YANG BERLEBIHAN BAGI ANAK-ANAK

Muhammad Sholeh ( Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta )
Rr. Yuliana Rachmawati ( Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta )
Dina Andayati ( Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta )

Abstrak

Salah satu dampak pandemi Covid 19  adalah pelaksanaan proses belajar mengajar  yang dilakukan online. Hal ini  menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ketergantungan pada internet semakin tinggi. Pelaksanaan pembelajaran secara online ini membuat  penggunaan gadget yang  terhubung ke internet  pada anak-anak semakin sering. Agar anak-anak dapat menggunakan internet secara baik dan aman perlu adanya pengawasan dan pendampingan dari para orang tua. Pengabdian pada masyarakat yang diberikan pada ibu-ibu di dusun Baros pakanewon Kretek Bantul ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan internet yang aman dan sehat pada anak-anak. Metode pelaksanaan dilakukan dengan memberikan kuesioner mengenai penggunaan gadget pada anak-anak dan ceramah mengenai dampak negatif dan positif penggunaan internet bagi anak-anak. Hasil pelaksanaan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan diantaranya edukasi pada ibu-ibu bagaimana strategi agar anak-anak tidak tergantung pada gadget dan bagaimana peran orang tua khusus para ibu dalam memberikan pendampingan pada anak-anak dalam menggunakan gadget yang terhubung ke internet. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan kuesioner dan hasil kuesioner pada pertanyaan dampak buruk penggunaan gadget dapat merusak masa depan anak menunjukkan 85%  menjawab sangat setuju dan 15% menjawab setuju. Hasil kuesioner pada pertanyaan dampak negatif dapat mempengaruhi kesehatan anak, 90% menjawab sangat setuju dan 10% menjawab setuju

Referensi

Ariston, Y., & Frahasini. (2018). Dampak Penggunaan Gadget bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86–91.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Iswidharmanjaya, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget Panduan bagi orang tua untuk memahami factor-faktor penyebab anak kecanduan gadget. Bisakimia.

Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14–23. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/219

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Maknuni, J. (2020). Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL), 02(02), 94–106. https://online-journal.unja.ac.id/IDEAL/article/view/10465

Nur, R., Azis, F., & Apriati, Y. (2021). Penggunaan Smartphone Sebagai Sumber Belajar Anak Pada Masa Covid-19 di Komplek Bulakindo Kota Banjarmasin. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.17

Paridawati, I., Daulay, M. I., & Amalia, R. (2021). Persepsi orang tua terhadap penggunaan smartphone pada anak usia dini di desa indrasakti kecamatan tapung kabupaten kampar. Journal Of Teacher Education, 2(2), 28–34.

Ramadhani, I. R., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2020). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 1(2), 96–105.

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa Sd Menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Online. Ibtida’, 1(2), 229–241. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.155

Stowell, L. (2020). Panduan Berinternet Sehat dan Aman untuk Remaja. ESENSI.

Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? EDU PUBLISHER.

Zein, M. F. (2019). Anak dan Keluarga dalam Teknologi Informasi. PT. Makindo Maju Persada.

Zulfitria, Ansharullah, & Fadhillah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.

Zulfitria, Z. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 1(2), 95–102.


Keywords  :  
Kata Kunci: smartphone, internet, children gadget, internet, anak
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-03-13
Cara Mengutip  :  
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Andayati, D. (2022). EDUKASI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET DAN MEDIA INTERNET YANG BERLEBIHAN BAGI ANAK-ANAK. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 69–77. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.670
Terbitan  :