MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK UNTUK MENYUSUN RPP MELALUI BIMBINGAN SUPERVISI DI SMP NEGERI 2 MUKO-MUKO BATHIN VII

Ramaili Ramaili ( )

Abstrak

Kemampuan merencanakan pembelajaran merupakan suatu kompetensi akademik yang perlu dikembangkan secara profesional oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMP Negeri 2 Muko-Muko Bathin VII menyusun RPP Melalui kegiatan bimbingan supervisi. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan dalam dua siklus meliputi kaedah PTS yaitu Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi disetiap siklusnya. dengan pengolahan data secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru SMP Negeri 2 Muko-Muko Bathin VII. Teknik pengunpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru menyusun RPP melalui bimbingan supervisi. Peningkatan kemampuan terlihat dari hasil evaluasi dengan menerapkan bimbingan supervisi terhadap guru pada siklus I, dan siklus II. Guru menunjukkan keseriusan dan memahami penyusunan RPP Kurikulum 2013 setelah mendapatkan bimbingan penyusunan RPP Hasil tindakan masing-masing daur diperoleh gambaran hasil daur 1 nilai rata 63.75, dan daur 2 nilai rata-rata 77.50. Ada kenaikan nilai tuntas dari 50% menjadi 100%. Dengan demikian dapat di tegaskan bahwa bimbingan supervisi dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pedagogik guru SMP Negeri 2 Muko-Muko dalam menyusun RPP.


Keywords  :  
Kata Kunci: Teacher Pegagik Competence;, RPP;, Supervision Kompetensi Pegagik Guru;, RPP;, Supervisi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-03-20
Cara Mengutip  :  
Ramaili, R. (2021). MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK UNTUK MENYUSUN RPP MELALUI BIMBINGAN SUPERVISI DI SMP NEGERI 2 MUKO-MUKO BATHIN VII. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2, 39–47. https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.501
Terbitan  :