MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN RPP 1 LEMBAR TERINTEGRASI DENGAN IN HOUSE TRAINING ( IHT) DI SMP NEGERI 4 MUARA BUNGO

Hasan Hasan ( Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo )

Abstrak

Latar belakang dari peneiltian ini dari adanya kebijakan penyusunan RPP 1 Lembar yang diinisiasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebenarnya untuk membantu mengurangi beban guru dalam bidang administrasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru untuk menyusun RPP 1 lembar Terintegrasi PPK, Literasi, HOTS dan Kecakapan Abad 21 (4C)  Melalui kegiatan In Hause Training (IHT) di SMP Negeri 4 Muara Bungo. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksnakan  selama dua siklus. Data yang diperoleh diolah secara kualitatif berdasarkan persentase ketercapaian yang dijabarkan secara deskriptif berdasarkan siklus penelitian.  Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP 1 lembar terintegrasi dengan In House Training (IHT)  di SMP Negeri 4 Muara Bungo memberikan hasil yang memuaskan. Pendampingan yang dilaksakan selama dua siklus memberikan perubahan secara signifkan terhadap kualitas RPP yang di hasilkan. Setelah kegiatan pendampingan, guru terampil untuk menyusun RPP dengan memuat 13 komponen sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang stándar proses. Selain itu, guru sudah terampil untuk menyusun RPP 1 lembar sesuai Edaran Mendikbud No. 14  tahun 2019. RPP yang dibuat guru juga sudah mengintegrasikan karakter, literasi, HOTS, dan kecakapan abad 21. Secara kuantitatif hasil pelatihan di siklus II nilai rata-rata guru yaitu 69,46 dengan persentase 86,8 % berkriteria sangat baik. Jadi Kegiatan ini berdampak positif terhadap kompetensi guru dalam menyusun RPP 1 lembar terintegrasikan PPK, literasi, HOTS, dan kecakapan abad 21 (4C).

Referensi

Ambarrukmi, S. 2019. Bahan Ajar Pengenalan Pembelajarandan Penilaian Kurikulum 2013 (Terintegrasi PPK, LITERASI, HOTS, 4Cs). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Ayuningtyas, A.E., Slameto., Dwikurnianingsih, Y. 2017. Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Juli-Desember 2017

Bahri, S. 2020. Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Merancang Instrumen Penilaian Hasil Belajar Melalui Kegiatan In House Training (IHT)Di Sekolah Dasar. SEUNEUBOKLADA Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 7 (1), 2020: 93-106

Dewi, K.P., Purwanti,S. 2019. Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaanpembelajaran sekolah dasar. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 14 September 2019, Hal. 465-472

Jayadipura, Y. 2018. In House Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP. JURNAL IDAARAH, Vol. II, No. 2, Desember 2018

Kasmad. 2015. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Kegiatan In House Training (IHT) Bagi Guru Kelas I SD. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 2 Tahun 2015 ISSN 2460-1187

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 Tantang Penyederhanaan RPP

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru

Subekti, B W. 2019. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Skenario Pembelajaran Inovatif Melalui Iht (In House Training) Di SD Negeri 1 Wirotaman. Jurnal Inventa Vol III. No 1 Maret 2019

Sunardi & Sujadi, I. 2017. Sumber Belajar Calon Peserta Program PLPG, Kompetensi Pedagogik. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan


Keywords  :  
Kata Kunci: Teacher Competence;, RPP;, In House Training (IHT) Kompetensi Guru;, RPP;, In House Training (IHT
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-03-15
Cara Mengutip  :  
Hasan, H. (2021). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN RPP 1 LEMBAR TERINTEGRASI DENGAN IN HOUSE TRAINING ( IHT) DI SMP NEGERI 4 MUARA BUNGO. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2, 25–32. https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.500
Terbitan  :