PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS GRATIS UNTUK ANAK ASUH YAYASAN AL-KAMILAH

Angga Hidayat ( Universitas Pamulang )
Anita Anggraini ( Universitas Pamulang )
Yuliana Friska ( Universitas Pamulang )
Ani Kusumaningsih ( Universitas Pamulang )
Moh. Thoyib Syafi’i ( Universitas Pamulang )

Abstrak

Bagian yang perlu ditingkatkan dari anak asuk yang tinggal di Yayasan Al-Kamilah dari sisi akademik adalah kemampuan berhitung dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Tim pengabdi mengajar secara rutin di Yayasan Al-Kamilah setiap seminggu sekali, tepatnya di hari rabu, untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan Bahasa Inggris anak asuh di Yayasan tersebut. Pelatiahan yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk memberikan efek yang mendalam bagi peningkatan kemampuan tersebut. Pengajaran dilakukan oleh dosen dosen dari Universitas Pamulang yang memiliki background Pendidikan baik dari latar belakang keilmuan matematika maupun Bahasa Inggris. Pelatiahan sudah memberikan hasil peningkatan yang signifikan karena program ini sejatinya sudah berlangsung selama 3 semester yang dilakukan secara berkelanjutan setiap minggu, kecuali diliburkan saat sedang libur hari raya dan libur perkuliahan.

Referensi

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring Obstacles in Language Learning among Prospective Primary School Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249-254.

Burch, P., Good, A., & Heinrich, C. (2016). Improving access to, quality, and the effectiveness of digital tutoring in K–12 education. Educational Evaluation and Policy Analysis, 38(1), 65-87.

Choi, L. J. (2016). Revisiting the issue of native speakerism:‘I don't want to speak like a native speaker of English’. Language and Education, 30(1), 72-85.

Dafouz, E., & Smit, U. (2016). Towards a dynamic conceptual framework for English-medium education in multilingual university settings. Applied Linguistics, 37(3), 397-415.

Dekker, M. C., Ziermans, T. B., & Swaab, H. (2016). The impact of behavioural executive functioning and intelligence on math abilities in children with intellectual disabilities. Journal of Intellectual Disability Research, 60(11), 1086-1096.

Genç, G., Kuluşaklı, E., & Aydın, S. (2016). Exploring EFL learners’ perceived self-efficacy and beliefs on English language learning. Australian Journal of Teacher Education, 41(2), 4.

Hidayat, A. (2017). Konsep diri dan kecemasan mahasiswa dalam pemecahan masalah matematika bisnis ditinjau dari perbedaan gaya kognitif field dependent dan field independent. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1).

Hidayat, A., Friska, Y., Anggraini, A., Syafi’i, M. T., & Kusumaningsih, A. (2021, January). Tingkat pemahaman numerik dan keterampilan berbicara bahasa asing anak didik al-kamilah. In Prosiding Senantias: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 749-758).

Him, C. Y. (2018). Contexts, problems and solutions in international communication: Insights for teaching English as a lingua franca. Journal of Asia TEFL, 15(2), 257.

Hoa, N. (2016). Difficulties in teaching English for specific purposes: Empirical study at Vietnam universities. Higher Education Studies, 6(2), 154-161.

Mohamed, H., & Lamia, M. (2018). Implementing flipped classroom that used an intelligent tutoring system into learning process. Computers & Education, 124, 62-76.

Muro, A., Soler, J., Cebolla, À., & Cladellas, R. (2018). A positive psychological intervention for failing students: Does it improve academic achievement and motivation? A pilot study. Learning and Motivation, 63, 126-132.

Rose, H., Curle, S., Aizawa, I., & Thompson, G. (2020). What drives success in English medium taught courses? The interplay between language proficiency, academic skills, and motivation. Studies in Higher Education, 45(11), 2149-2161.

Thompson, K. D. (2017). What blocks the gate? Exploring current and former English learners’ math course-taking in secondary school. American Educational Research Journal, 54(4), 757-798.

Vattøy, K. D. (2020). Teachers’ beliefs about feedback practice as related to student self-regulation, self-efficacy, and language skills in teaching English as a foreign language. Studies in Educational Evaluation, 64, 100828.

Yurt, S. U., & Aktaş, E. (2016). The effects of peer tutoring on university students success, speaking skills and speech self-efficacy in the effective and good speech course. Educational research and Reviews, 11(11), 1035-1042.


Keywords  :  
Kata Kunci: mathematics, english, learning assistance, community service matematika, bahasa inggris, pendampingan belajar, pengabdian masyarakat
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-03-13
Cara Mengutip  :  
Hidayat, A., Anggraini, A., Friska, Y., Kusumaningsih, A., & Syafi’i, M. T. (2021). PENDAMPINGAN BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS GRATIS UNTUK ANAK ASUH YAYASAN AL-KAMILAH. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2, 19–24. https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.475
Terbitan  :