PENYULUHAN LITERASI DIGITAL BAGI SISWA SMP ISLAM PLUS AT-THOLIBIN
Abstrak
Perkembangan teknologi digital memengaruhi pendidikan, namun siswa SMP sering belum memiliki literasi digital memadai sehingga rentan terhadap hoaks, perundungan siber, dan masalah keamanan data. Untuk menjawab hal ini, dilakukan penyuluhan literasi digital di SMP Islam Plus At-Tholibin, Lampung Tengah, dengan 150 peserta dan sampel 17 siswa melalui purposive sampling. Kegiatan menggunakan metode ceramah interaktif dengan materi literasi digital, etika komunikasi, keamanan, serta keterampilan memilah informasi. Evaluasi pretest–posttest menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 65,88 menjadi 82,94 dengan skor N-Gain 0,50 (kategori sedang). Enam siswa mencapai kategori tinggi, tujuh sedang, dan empat rendah. Hasil ini menegaskan bahwa penyuluhan efektif meningkatkan pemahaman siswa, meski aspek keamanan digital masih perlu diperkuat.
Referensi
APJII. (2025). Survei penetrasi internet dan perilaku penggunaan internet. https://survei1.apjii.or.id/download_survei/8e8cbf73-f421-4e43-b84f-6598f1220cb8
Bryman, A., Becker, S., & Sempik, J. (2008). Quality Criteria for Quantitative, Qualitative and Mixed Methods Research: A View from Social Policy. International Journal of Social Research Methodology, 11(4), 261–276. https://doi.org/10.1080/13645570701401644
Burkhardt, G., Monsour, M., Valdez, G., Gunn, C., Dawson, M., Lemke, C., others, & Martin, C. (2003). enGauge 21st century skills: Literacy in the digital age. https://firstnationspedagogy.com/engauge21st.pdf
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Hariyadi, H., & Alimin, A. A. (2025). Efektivitas program gerakan literasi digital sekolah di SMP negeri 5 sungai kakap. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(2), 88. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v9i2.5326
Ika Sari, G., Winasis, S., Pratiwi, I., Wildan Nuryanto, U., & Basrowi. (2024). Strengthening digital literacy in Indonesia: Collaboration, innovation, and sustainability education. Social Sciences & Humanities Open, 10, 101100. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101100
Komdigi. (2024). Penguatan keterampilan digital dasar masyarakat Indonesia. Penguatan keterampilan digital dasar masyarakat Indonesia
Kurniawan, S., & Sarah, Y. S. (2023). Meningkatkan Literasi Digital di Sekolah Menengah Atas: Tantangan, Strategi dan Dampaknya pada Keterampilan Siswa. INSOLOGI: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(4), 712–718. https://doi.org/10.55123/insologi.v2i4.2321
Martin, A. (2005). DigEuLit–a European framework for digital literacy: a progress report. Journal of ELiteracy, 2(2), 130–136. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.469.1923&rep=rep1&type=pdf
Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers & Education, 59(3), 1065–1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016
Nisa, A., & Setiyawati, D. (2019). A Systematic Review of Digital Literacy Training for High School Students. Proceedings of the Third International Conference on Sustainable Innovation 2019 – Humanity, Education and Social Sciences (IcoSIHESS 2019), 376–381. https://doi.org/10.2991/icosihess-19.2019.65
Prianto, A. (2009). Berbagai variabel yang mempengaruhi efektivitas program pendidikan dan pelatihan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(2), 475–483. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/174
Putri, Y. M. A., Azahra, P. F., Sinaga, E. M., & Prawitri, A. L. (2023). Cyberbullying di media sosial tiktok terhadap remaja smp. Jurnal Common, 7(1), 33–44. https://doi.org/10.34010/common.v7i1.9150
Setiasih, O., Rusman, Nandi, Setiawardani, W., & Yusron, E. (2023). Exploration of factors influencing students’ digital literacy skills in an era of uncertainty: A survey study. 090041. https://doi.org/10.1063/5.0149431
Suraseth, C., & Koraneekij, P. (2024). Cyberbullying among secondary school students: Analyzing prediction and relationship with background, social status, and ICT use. Heliyon, 10(9), e30775. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e30775
Zulfikar, M., Rahman, A., Mappanyukki, A. A., Hamzah, A., & Awal, A. (2025). Meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar melalui pengenalan komputer. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 783–790. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1034
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Digital Literacy, Education, Junior High School Literasi Digital, Pendidikan, Sekolah Menengah Pertama
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-09-30
|
| Cara Mengutip | : |
Wahyudi, D., & Fadli, R. (2025). PENYULUHAN LITERASI DIGITAL BAGI SISWA SMP ISLAM PLUS AT-THOLIBIN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 437–443. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3623
|
| Terbitan | : |

.png)


33.png)



_SCCC.png)

