PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 100/VI PAMENANG II KABUPATEN MERANGIN PROPINSI JAMBI

Muhammad Sofwan ( Universitas Jambi, Indonesia )
Suci Hayati Suci ( Universitas Jambi, Indonesia )
Risdalina Risdalina ( Universitas Jambi, Indonesia )
Alirmansyah Alirmansyah ( Universitas Jambi, Indonesia )
Muhammad Fauzan ( Universitas Jambi, Indonesia )

Abstrak

Perangkat pembelajaran adalah elemen kunci dalam memastikan proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan terstruktur. Dengan perubahan kurikulum yang terus terjadi, guru diharuskan untuk meninjau dan memperbarui perangkat pembelajaran mereka agar relevan dengan kebutuhan pendidikan terkini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran bagi guru di SD Negeri 100/VI Pamenang II, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yang menggunakan metode Transfer of Knowledge (ToK). Pelatihan ini memberikan penyegaran kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang meliputi modul ajar, bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja peserta didik (LKPD), serta perangkat evaluasi. Metode Transfer of Knowledge yang interaktif dan partisipatif memungkinkan guru tidak hanya memperbarui pengetahuan mereka, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam pembelajaran kelas. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka dalam aspek perencanaan. Pelatihan ini diharapkan memiliki dampak jangka panjang dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui guru yang lebih kompeten dan perangkat pembelajaran yang lebih efektif serta relevan dengan kebutuhan siswa.

Referensi

Afif Susanto, (2024) Manajemen Peserta Didik Dalam Upaya Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik di SMAN 4 Cirebon. Masters thesis, S-2 Manajemen Pendidikan Islam

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6665

Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. PedagoJurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematikagi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239

Darmayanti, S. (2024). Inovasi dan Pengembangan Profesi Guru : Menuju Pendidikan Berkualitas. Jurnal Pendidikan Dan Literasi, 2(2), 47–60. https://jurnal.stitmas.ac.id/index.php/tarqiyah

Fitri, Y., & Tarsan, D. (2021). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Menggunakan Pendekatan Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. THEOREMS, 6(1), 50–74. https://ojs.fkipummy.ac.id/index.php/theorems/article/view/553

Hanifah, W. M., Tambunan, E. P. S., & Jayanti, U. N. A. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Sistem Gerak Manusia. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 123–134. https://doi.org/10.25157/jpb.v12i2.15629

Hasyim, R., & Umar, S. H. (2019). Peranan Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran

(Bahan Ajar) Abad 21 Di SMP Negri 2 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 2(1), 184–192. https://doi.org/10.33387/geocivic.v2i1.1469

Hartono, Deni Puji (2021). Korelasi antara kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri Lahat. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Geografi ,4(1), 2716-2737 , https://doi.org/10.33059/jsg.v4i1.3216

Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2), 312–324. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3576

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Az-Zahra, R. (2021). Analisis Bahan Ajar Dalam Kegiatan Belajar Dan Mengajar Di Sdn Karawaci 20. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–459. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Pelu, H., & Rosmiati, R. (2023). Respon Guru Terhadap Perubahan Kurikulum Dalam Pembelajaran di Madrasah. Jurnal 12 Waiheru, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.47655/12waiheru.v9i1.94

Shabrina, I., & Tasu’ah, N. (2023). Penggunaan Media Berbasis PPT Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK N Pembina Semarang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4), 2450–2460. https://doi.org/10.35931/aq.v17i4.2306

Utami, A. N., Sutiyono, A., & Siska, Y. (2023). Pengembangan Lembar Jerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Materi IPA Kelas V SD Negeri Mandah Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. CERDAS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 205–216. http://eskripsi.stkippgribl.ac.id/


Keywords  :  
Kata Kunci: Pelatihan, Perangkat Pembelajaran, Peningkatan Kompetensi Guru Training, Learning Devices, Teacher Competency Enhancement
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-30
Cara Mengutip  :  
Sofwan, M., Suci, S. H., Risdalina, R., Alirmansyah, A., & Fauzan, M. (2025). PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 100/VI PAMENANG II KABUPATEN MERANGIN PROPINSI JAMBI . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 430–436. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3524
Terbitan  :