PELATIHAN PENGADMINISTRASIAN RIASEC SEBAGAI LAYANAN KARIER BAGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
Abstrak
Guru Bimbingan dan Konseling belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang layanan karier, memiliki keterbatasan dalam metode layanan karier dan kurangnya penggunaan alat bantu yang efektif seperti RIASEC (Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising dan Conventional) Tes, sehingga mengurangi efektivitas layanan yang diberikan. Kesulitan dalam mengidentifikasi minat dan bakat peserta didik juga menjadi kendala yang dialami oleh guru BK. Tingginya angka peserta didik yang memilih jurusan atau studi lanjutan yang tidak sesuai juga menjadi permasalahan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan penerapan dan pengadministrasian dengan ceramah dan praktik langsung yang diikuti oleh 11 orang guru yang terdiri dari guru BK, guru mata pelajaran dan wali kelas. Hasil dari parktik langsung dalam penggunaan dan pengadministrasian RIASEC tes ini diperoleh hasil menunjukkan 9 orang memiliki kecenderungan kepribadian karier sosial dan 2 orang cenderung kepribadian karier yang konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan dan pengadministrasian RIASEC tes tidak sulit karena instrumennya sangat sederhana.
Referensi
Inggariati, M., & purwaningrum, R. (2018). Teori dan Praktik Konseling Karier Integratif. PT. Refika Aditama.
Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karier untuk meningkatkan kematangan karier peserta didik. Psikopedagogia, 2(2), 132–147. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580
Kurniawan, R., Pastina, H., Mahendra, I., Ashari, A., Saputra, M., Yanti, D., Nirwanto, N., & Krisnawati, L. (2023). Pemetaan Minat dan Bakat Menggunakan Metode RIASEC Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 9 Bandarlampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1748–1755. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i9.417
Lubis, M., Harahap, N., Rahmayanty, D., Zulfikar, M., Zubaidah, Z., Yulianti, Y., Sarman, F., & Ferdiansyah, M. (2024). RIASEC: Need Assessment Peserta Didik dalam Bingkai Kurikulum Merdeka Belajar. G-Couns, 8(3), 1818–1824. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5424
Mirza, R., lubis, A., Siagian, S., Simamora, S., Sitohang, Y., & Claudia, C. (2021). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Penyandang Tunarungu di Kota Binjai. JIBK, 12(1). https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.32009
Nindya, N., Kiswantora, A., & Hidayati, R. (2019). Layanan Informasi Melalui Media Animasi Untuk MeningkatkanKematangan Karir Peserta Didik. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.4504
Pramudawardani, N., & Adiati, R. (2024). Holland’s RIASEC Model: Asesmen Pengembangan Karier dan Kerja pada Personnel Administration Staff. Psikostudia, 13(3), 361–370. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v13i3.14915
Rosita, T., Irmayanti, R., & Hendriana, H. (2020). Urgensi Bimbingan Karir di Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 3(1). http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/3570
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Career services;, Training;, RIASEC;, School Counselors; Layanan Karier;, Pelatihan;, RIASEC;, Guru BK
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-09-29
|
| Cara Mengutip | : |
Muhammad Zulfikar, Ferdiansyah, M., Andi Yaksa, R., Zubaidah, Z., & Fitriana. (2025). PELATIHAN PENGADMINISTRASIAN RIASEC SEBAGAI LAYANAN KARIER BAGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 389–395. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3518
|
| Terbitan | : |

.png)


33.png)



_SCCC.png)

