SOSIALISASI MEDIA ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH CIPUTAT
Abstrak
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan media APE untuk perkembangan motorik anak. Motorik anak merupakan gerak fundamental untuk perkembangan anak terutama untuk anak lima tahun sampai sepuluh tahun sehingga perkembangan anak lebih sempurna. Sosialisasi ini berfokus pada perkembangan motorik anak yang terdiri dari motorik halus dan kasar melalui media yang sederhana yaitu APE (Alat Permainan Edukatif). Dari fokus sosialisasi media tersebut nantinya dapat melihat sejauh mana perkembangan motorik anak sesuai dengan usianya. Dari pengabdian masyarakat ini memiliki target yaitu sosialisasi media yang nantinya bisa diterapkan disekolah maupun orang tua dirumah untuk menunjang perkembangan motorik anak yang baik tak hanya motorik halus maupun motorik kasarnya. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi dengan ceramah dan demontrasi. Dari analisis data yang diperoleh dalam pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa rata – rata nilai pre-test adalah 52 sementara untuk nilai rata – rata post-test adalah 85,3 Presentase peningkatan pengetahuan untuk perkembangan motorik anak adalah 33,3%. Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan tentang modifikasi Alat Permainan Edukatif di MI Muhammadiyah Ciputat.
Referensi
Ariyanti, & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58–69.
Danim, S. (2011). Perkembangan Peserta Didik (Cetakan Ke). Alfabeta.
Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Mustafa, P. S. (2023). Buku Ajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Untuk Guru Kelas MI/SD. Insight Mediatama.
Novita, R & Supriatna, E I. D. P. W. (2015). Survei Minat Siswa Siswi dalam Pembelajaran Penjas SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 848. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774
Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Alfabeta.
Sardiman. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Saripudin, A. (2016). Peran Keluarga Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 2(1).
Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, II(1), 59–67.
Syifa, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Alat Permainan Edukatif Halus Peserta Didik ( Influence of Media Utilization of Educational Tools And Parents Role on Soft Motoric Development of Students in Kindergarten ) Ratu Syifa Program Teknologi Pembelajaran Pascasarjana U. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 40.
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Media APE;, Motor Development; Media APE;, Perkembangan Motorik;
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-09-29
|
| Cara Mengutip | : |
Ishaq Gery, M., Setiyaningsih, D., Mujtaba, I., Mahfud, I., Andhika Ali Pratama, P., & Alhaqiqi, A. (2025). SOSIALISASI MEDIA ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH CIPUTAT. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 384–388. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3467
|
| Terbitan | : |

.png)


33.png)



_SCCC.png)

