PENGUATAN KOMPETENSI DAN SPIRITUAL PENDIDIK PAUD YAYASAN KAIROS TANAH PAPUA SORONG, PAPUA BARAT DAYA

Rosma Indriana Purba ( Universitas Pelita Harapan, Indonesia )
Dince Bunda ( Universitas Pelita Harapan, Indonesia )
Indra Praja Kusumah ( Universitas Pelita Harapan, Indonesia )
Oce Appulembang ( Universitas Pelita Harapan, Indonesia )
Ganda Sari ( Universitas Pelita Harapan, Indonesia )

Abstrak

Guru tidak hanya berperan sebagai penyampai pengetahuan, tetapi juga sebagai pembentuk karakter dan pembimbing rohani. Kegiatan pengabdian ini dirancang untuk membekali para pendidik PAUD Yayasan Kairos Tanah Papua, Sorong, Papua Barat Daya dengan pemahaman menyeluruh tentang kompetensi yang dibutuhkan, memahami karakteristik peserta didik berdasarkan wawasan Kristen, memahami tantangan yang dihadapi oleh pendidik di abad ke-21 dengan kerangka tantangan pendidik sesuai dengan keterampilan abad 21 merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 serta. Melalui pendekatan reflektif dan kontekstual dengan diskusi dan penugasan, pelatihan daring yang diikuti enambelas guru, hasil penugasan menunjukkan pemahaman pendidik yang lebih baik terhadap kemampuan menjelaskan secara jelas dan kritis keempat aspek tersebut. Pelatihan ini tidak hanya membantu  pemahaman konseptual pendidik, tetapi juga meneguhkan identitas dan peran strategis pendidik dalam membentuk generasi yang unggul secara intelektual dan berakar kuat dalam nilai-nilai iman Kristen. Pelatihan ini berfungsi sebagai panduan praktis untuk pengajaran yang bermakna dan transformatif.

Referensi

Afriansyah, A. (2023). Refleksi dua puluh tahun pembangunan pendidikan di tanah papua(2001-2021). Masyarakat Indonesia, 48(1), 63–77. https://doi.org/10.14203/jmi.v48i1.1170

Andareas, P., Rosa, D., Pramitaningastuti, A. S., Immanuel, H., Pranasti, E. A., Matthew, A. M., Cerissa, C., Hadi, C. E., Sari, A. P., & Andreas, C. J. (2022). Penyuluhan Pencegahan Penularan Covid-19 Kepada Guru Dan Orang Tua Murid Di Paud-Tk Bintang Kecil, Kabupaten Bekasi [Education on Prevention of Covid-19 Transmission To Teachers and Parents At Bintang Kecil Kindergarten, Bekasi Regency]. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 6(1), 58. https://doi.org/10.19166/jspc.v6i1.5255

Bachtiar, N. K., Fariz, M., & Arif, M. S. (2024). Conducting a Focus Group Discussion in Qualitative Research. Innovation, Technology, and Enterpreneurship Journal, 1(2), 94–101. https://doi.org/10.31603/itej.11466

Capperucci, D. (2015). How Self-Evaluation can make schools more effective. Form@re : Open Journal per La Formazione in Rete, 15(3), 258–278.

Clark, P. M. (1997). Reflections on quality assessment in England: 1993‐1996. Quality Assurance in Education, 5(4), 218–224. https://doi.org/10.1108/09684889710189075

Darling-Churchill, K. E., & Lippman, L. (2016). Early Childhood Social and Emotional Development: Advancing the Field of Measurement. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.02.002

Doolittle, A. E. (2002). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (Second Edition). In Journal of Educational Measurement (Vol. 39, Issue 1). https://doi.org/10.1111/j.1745-3984.2002.tb01136.x

Graham, D. L. (2016). Teaching Redemptively. Purposeful Design Publications.

Malik, R. S. (2018). Educational Challenges in 21st Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9–20. https://doi.org/10.17509/jsder.v2i1.12266

Meyer, B., Haywood, N., Sachdev, D., & Faraday, S. (2008). What is independent learning and what are the benefits for students? How is independent learning viewed by teachers? London: Department for Children, Schools and Families Research Report, 051, 1–6.

Prior, C. (2020). Christian schooling: Teachers’ understanding of purpose and practice. Reasearch & Scholarship, 14(1), 38–43. https://doi.org/10.55254/1835-1492.1421

Sarong, J. S. (2024). Fostering Collaboration and Team Effectiveness in Educational Leadership: Strategies for Building High-Performing Teams and Networks. Randwick International of Education and Linguistics Science Journal, 5(2), 727–743. https://doi.org/10.47175/rielsj.v5i2.1005

Sayidiman, Hermuttaqien, B. P. F., Hartoto, & Hotimah. (2021). PKM Assembling Pembelajaran Online Bagi Guru-guru SD di Kab. Gowa. Publikan Jurnals UNM; Jurnal Pemikiran, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v11i2.15861

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Wiles, Jon., & Bondi, Joseph. (2015). Curriculum Development. Pearson.

Wolterstorff, N., Stronks, G. G., & Joldersma, C. W. (2002). Educating for life: Reflections on Christian Teaching and Learning. Baker Academic.

Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503


Keywords  :  
Kata Kunci: pendidikan, kompetensi pendidik, tantangan pendidikan, keterampilan abad 21 Education; , Teacher Competencies;, Educational Challenges;, 21st-Century Skills;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-28
Cara Mengutip  :  
Indriana Purba, R., Bunda, D., Praja Kusumah, I., Appulembang, O., & Sari, G. (2025). PENGUATAN KOMPETENSI DAN SPIRITUAL PENDIDIK PAUD YAYASAN KAIROS TANAH PAPUA SORONG, PAPUA BARAT DAYA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 324–331. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3446
Terbitan  :