MODERNISASI PEMBELAJARAN FISIKA: MGMP IPA CILEGON INTEGRASIKAN DEEP LEARNING DAN PHET DALAM MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI

Yudi Guntara ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )
Khairunnisa Khairunnisa ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )
Nia Septiani ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )
Hanum Listiyani ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )
Annisa Nurfadilah ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )
Chynta Nadya Muna ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )
Sharani Dewi ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )
Hafied Rahman Hakim ( Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia )

Abstrak

Fisika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang menantang karena sifat materinya yang abstrak dan memerlukan visualisasi tinggi, terutama pada topik getaran, gelombang, bunyi, cahaya, dan optik. Untuk mengatasi hal tersebut, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kota Cilegon bersama dosen Pendidikan Fisika FKIP Untirta menyelenggarakan pelatihan inovatif yang mengintegrasikan pendekatan Deep Learning dan media simulasi interaktif PhET. Pelatihan dilaksanakan dalam dua sesi di SMPN 5 dan SMPN 1 Kota Cilegon dengan melibatkan 32 guru IPA. Kegiatan mencakup identifikasi kebutuhan, penyampaian materi pedagogi kontekstual, pemutaran video fenomena fisika, praktik simulasi PhET, serta diskusi interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan 85–90% peserta mengalami peningkatan pemahaman konsep fisika dan ketertarikan terhadap metode pembelajaran visual dan eksploratif. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi Deep Learning dan PhET dapat memperkaya pembelajaran fisika menjadi lebih kontekstual, menarik, dan selaras dengan kompetensi abad ke-21. Program ini menjadi langkah awal menuju transformasi pendidikan berkelanjutan dengan guru sebagai penggerak inovasi.

Referensi

Abedi, E. A. (2024). Tensions between technology integration practices of teachers and ICT in education policy expectations: implications for change in teacher knowledge, beliefs and teaching practices. Journal of Computers in Education, 11(4), 1215–1234.https://doi.org/10.1007/s40692-023-00296-6

Amalissholeh, N., Sutrio, S., Rokhmat, J., & Gunada, I. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Kediri. Empiricism Journal, 4(2), 356–364. https://doi.org/10.36312/ej.v4i2.1387

Aslianti, N. dan A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8, 6229–6233. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8182

Diputera, A. mahindra, Zulpan, & Eza, G. N. (2024). Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful, Mindful dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan. Bunga Rampai Usia Emas, 10(2), 108. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.65978

Feriyanto, F., & Anjariyah, D. (2024). Deep Learning Approach Through Meaningful, Mindful, and Joyful Learning: A Library Research. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 5(2), 208–212. https://doi.org/10.33122/ejeset.v5i2.321

Hammond LD, Hyle EM, dan G. M. (2017). Effective Teacher Professional Development (research brief). Effective Teacher Professional Development (Research Brief), June, 1–8. https://eric.ed.gov/?id=ED606741.

Kuswara, K. (2024). Evaluasi Program Pelatihan Guru Terhadap Peningkatan Keterampilan Mengajar Dan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 443–449. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.2714

Ledjab, F. A. W., Koli, K., Tahu, M. V. F., & Dewa, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Fisika: Integrasi Problem Based Learning dan Simulasi PhET pada Materi Gelombang Bunyi. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 112–119. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i2.3519

Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Fisika yang Bersifat Abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 48–53.https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.116

Nikata, R. F., Loupatty, M., & Zahroh, S. H. (2021). Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1449

Noverma, N., Perawati, P., & Susanti, T. (2024). Pemanfaatan PhET interactive simulation sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 9(4), 40–44. https://doi.org/10.29210/025377jpgi0005

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Rukin, R., & Muflih, A. (2025). Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Komunitas Belajar Di SDN Model Kota Malang Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 135–148. https://doi.org/10.60004/komunita.v4i2.167

Saidi, A. S. (2022). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Xii Ipa-4 Sma Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i1.2765

Sintiawati, R., Sinaga, P., & Karim, S. (2021). Strategi Writing to Learn pada Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 1. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.9857

Wati, S., & Nurhasannah, N. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 149–155. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p149-155

Yeni Nurpatri, Dini Maielfi, Zaturrahmi, Z., & Ena Suma Indrawati. (2022). Analisis Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 912–918. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.701


Keywords  :  
Kata Kunci: Deep learning, phet simulation, physics learning, MGMP IPA Cilegon, Educational innovation Deep learning, simulasi phet, pembelajaran fisika, MGMP IPA Cilegon, Inovasi pendidikan
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-28
Cara Mengutip  :  
Guntara, Y., Khairunnisa, K., Septiani, N., Listiyani, H., Nurfadilah, A., Muna, C. N., … Hakim, H. R. (2025). MODERNISASI PEMBELAJARAN FISIKA: MGMP IPA CILEGON INTEGRASIKAN DEEP LEARNING DAN PHET DALAM MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 368–374. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3431
Terbitan  :