PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PERHITUNGAN AKUNTANSI BIAYA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI DI DESA MUARA

Novita Nugraheni ( Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia )
Diky Paramitha ( Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia )
Iis Solihat ( Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia )
Yeni Widiastuti ( Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia )
Antares Firman ( Akuntansi Keuangan Publik, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia )
Raden Abdurrohman Thohir Wijaya ( Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka, Tangerang Selatan, Indonesia )

Abstrak

Sektor ekonomi Indonesia yang paling berkembang adalah UMKM. Fokus kebijakan pemberdayaan UKM sebagian besar pada penanggulangan kemiskinan dan kesenjangan, penciptaan kesempatan kerja dan peningkatan ekspor, dan revitalisasi pertanian dan perdesaan, yang merupakan prioritas pembangunan nasional tahun 2006. Karena persaingan yang sangat ketat di dunia bisnis saat ini dan di masa mendatang, penting untuk mengembangkan jiwa wirausaha. Pengabdian ini memberikan pemahaman mengenai kewirausahaan dan pentingnya penghitungan HPP kepada para pengusaha UMKM di desa Muara Kabupaten Tangerang. Hal tersebut dimaksudkan agar mereka mampu menentukan strategi bisnis yang akan dilakukan dan menghasilkan laba yang optimal ditengah persaingan produk yang sejenis dan agar dapat menghindari overbudgeting di produksi bahan dagangan. Lokasi pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini adalah di Desa Muara. Desa Muara terletak di sebelah utara kecamatan Teluk Naga. Harga Pokok Produksi. Para peserta mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana mengambil gambar yang akan digunakan dalam memasarkan produknya. Pelatihan perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP), para peserta diberikan penjelasan bagaimana cara menghitung HPPnya. Peserta dapat memahami pelatihan, Pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam perhitungan HPP untuk mengetahui modal dan keuntungan dan pengambilan foto produk yang akan digunakan untuk promosi usahanya.

Referensi

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1

Astrina, F., Afrida, A., Welly, Ningsih, N. H., Yanti, D., Yuliachtri, S., & Mirosa, P. (2021). Pelatihan Kewirausahaan, Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu II. 3(2), 113–122. https://doi.org/10.32502/sa.v3i2.4146

Hasnawati, Wahyuni, I., Lestari, A., Dewi, R. R., & Ariani, M. (2023). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Penyusunan Laporan Laba Rugi Bagi Komunitas UMKM di Provinsi Lampung. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6, 60–68. https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i01.6826

Husainah, N., Darto, Muksin, N. N., & Putra, M. D. A. P. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Kabupaten Tangerang Selatan. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Kurniawan, E., Yoga Pratama, R., Pujawahyuningsih, W., Ramadani, G., Anggoro, D., Septiana, F., Dharma, D., Ks, Y., Firmasnyah, R. A., & Janati, I. Q. (2024). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Sumber Gede. In Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat) (Vol. 8, Issue 2). https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168

Nugraheny, D., Pujiastuti, A., Sudaryanto, S., Wintolo, H., Agustian, H., Aryanto, S., Indrianingsih, Y., & Honggowibowo, A. S. (2022). Pendampingan dan pelatihan cara pengambilan foto produk UMKM untuk pemasaran di media sosial. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.1017

OECD. (2017). Financing SMEs and Entrepreneurs 2017: An OECD Scoreboard. In OECD Publishing. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/fin_sme_ent-2017-en

Rahmawati, A. I. E., & Adi, S. W. (2022). Pelatihan Akuntansi Biaya dan HPP pada UMKM Desa Wisata Ponggok. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1102

Satriani, D., & Vijaya Kusuma, V. (2020). Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan Terhadap Laba Penjualan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31955/mea.v4i2.523

Sayuti, A., Ayu Ida Aryani, R., & Septian, D. (2022). Pelatihan Penentuan Harga Pokok Produksi Produk UMKM. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.57248/jilpi.v1i1.5

Wiyoko, T. (2025). Tren Penelitian Pendidikan Kewirausahaan Di Indonesia Tahun 2021–2025: Systematic Literature Review. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 241–249. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.3327

Yolanda, C. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(3). https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i3.1147


Keywords  :  
Kata Kunci: Cost of Goods Sold;, Entrepreneurship;, MSMEs; Harga Pokok Penjualan;, Kewirausahaan;, UMKM;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-27
Cara Mengutip  :  
Nugraheni, N., Paramitha, D., Solihat , I., Widiastuti, Y., Firman, A., & Abdurrohman Thohir Wijaya, R. (2025). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PERHITUNGAN AKUNTANSI BIAYA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI DI DESA MUARA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 259–266. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3417
Terbitan  :