DESAIN KEMASAN PRODUK DENGAN CANVA: PELATIHAN UNTUK KELOMPOK TANI PUTRA FARM COMPANY DI DESA TAMBUN RAYA

Pradana Din Permadi ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Nani Setiawati ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Orbit Thomas ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Fenroy Yedithia ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Christian Novan ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Lisa Agustina ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Whilis Putri Pitaloka ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Krisnayadi Toendan ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Efriani Efriani ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Lakamitha Utami ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )
Maria Enjelina ( Universitas Palangka Raya, Indonesia )

Abstrak

Desain kemasan merupakan aspek penting dalam pengembangan produk karena berperan besar dalam meningkatkan daya tarik produk serta memperluas jangkauan pasar. Namun demikian, banyak pelaku usaha khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang masih memiliki keterbatasan dalam hal desain kemasan yang komprehensif.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis anggota Kelompok Tani Putra Farm Company di Desa Tambun Raya, Kalimantan Tengah melalui pelatihan penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan desain kemasan produk. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui tahapan identifikasi masalah, penyusunan materi pelatihan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, pendampingan, dan dokumentasi. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta menggunakan Canva, dengan seluruh peserta mampu menghasilkan desain kemasan produk secara mandiri. Peningkatan juga terlihat pada pemahaman pentingnya kemasan dalam pemasaran dan daya saing produk lokal. Kegiatan ini berdampak positif terhadap perluasan pasar dan peningkatan nilai jual produk kelompok tani. Program ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi desain grafis yang sederhana dan mudah diakses seperti Canva dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat pedesaan.

Referensi

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., & Kambau, A. R. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. http://diktis.kemenag.go.id

Alawiah, E. T., Setyorini, D., & Hasanudin. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pelatihan Pembuatan Label Kemasan menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 279–285. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.163

Andivas, M., Trisnawati, H. T., Wijanarko, A. F., Ramadhani, A. A., & Sari, H. W. M. (2023). Pelatihan Perancangan Desain Kemasan Produk UMKM Keripik Pisang Menggunakan Perangkat Lunak Canva. Surya Abdimas, 7(3), 450–457. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2962

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Volume 10, No. 1,. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Khomariah, N. E., & Primandari, P. N. (2021). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan “Sub Aquatic” Sebagai Strategi Digital Marketing. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 795–801. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1393

Maftuhah, R., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1996

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jsh Jurnal Sosial Humaniora, Vol 8 No.2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12962%2Fj24433527.v8i2.1251

Qur’ani, B., T., R., & Widodo, S. (2024). Analisis Pengaruh Penggunaan Kemasan Sekunder Terhadap Penjualan Produk Bakery. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v7i1.156

Restu Millaningtyas. (2023). Canva Application Training As A Marketing Digitalization Medium For Smes In Dinoyo Village. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(3), 878–887. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i3.14524

Saehan, A., Suryadi, S., & Hidayat Pohan, T. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), 44–48. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i4.129

Sekarlaranti, A., & Junaedi, S. (2013). Persepsi Konsumen Terhadap Warna, Tipografi, Bentuk Grafis Dan Gambar Pada Kemasan Produk Dengan Pendekatan Multidimensional Scaling. 6. No. 1. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jmtt.v6i1.2656

Zettira, S. B. Z., Febrianti, N. A., Anggraini, Z. A., Prasetyo, M. A. W., & Tripustikasari, E. (2022). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 99–105. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1524


Keywords  :  
Kata Kunci: Packaging Design;, Canva, Training;, Farmer Group;, Community Empowerment; Desain Kemasan;, Canva;, Kelompok Tani, Pemberdayaan Masyarakat;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-28
Cara Mengutip  :  
Din Permadi, P., Setiawati, N., Thomas, O., Yedithia, F., Novan, C., Agustina, L., … Enjelina , M. (2025). DESAIN KEMASAN PRODUK DENGAN CANVA: PELATIHAN UNTUK KELOMPOK TANI PUTRA FARM COMPANY DI DESA TAMBUN RAYA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 332–336. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3409
Terbitan  :