PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PLOTAGON BAGI GURU MI SA'ADATUDDARAIN II, TANGERANG

Nugroho ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Mildan Arsan Fidinillah ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Uup Gufron ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Sahri Suwandi ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Irfan Hadi ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Ricky Eka Sanjaya ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Nia Liska Saputri ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Nujuluddin Siregar ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Yogi Purnama ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )
Rifari Baron ( Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia )

Abstrak

Revolusi digital dalam pendidikan menuntut guru untuk menguasai teknologi pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MI Sa'adatuddarain II Tangerang dalam membuat video pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Plotagon. Plotagon dipilih karena kemudahan penggunaannya dan kemampuan menghasilkan video animasi 3D yang menarik tanpa memerlukan keahlian teknis tinggi. Metode yang digunakan adalah pelatihan intensif satu hari dengan pendekatan demonstrasi langsung, praktik terbimbing, dan pendampingan individual. Kegiatan melibatkan 25 guru dari berbagai mata pelajaran. Hasil pre-test menunjukkan tingkat pengetahuan awal yang rendah dengan rata-rata 45,6, kemudian meningkat drastis menjadi 82,4 pada post-test setelah mengikuti pelatihan. Sebanyak 92% peserta berhasil membuat video pembelajaran sederhana dengan kualitas memadai dan 96% menyatakan akan mengimplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari. Evaluasi kepuasan menunjukkan 96% peserta merasa sangat puas dengan program pelatihan. Pelatihan ini terbukti efektif meningkatkan literasi digital guru dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran di MI Sa'adatuddarain II melalui penggunaan media yang lebih interaktif dan menarik.

Referensi

Awaliyah, I. N., & T, A. Y. (2025). Inovasi Pembelajaran Matematika : Video Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Mathematics Learning Innovation : Interactive Learning Videos to Increase Student Learning Activity and Motivation. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 10(1), 1–18.

Eva Margaretha Saragih, & Syahriani Sirait. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Berbasis Plotagon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1005–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1265

Jannah, R. (2025). Transformasi Digital dan Literasi Teknologi Terhadap Profesionalisme Guru. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 02(12), 782–786. https://doi.org/https://doi.org/10.5281.zenodo.15614949

Lestari, H., Wahyuningtyas, K., Aini, L. N., & Heryadi, Y. (2025). Pengaruh Penggunaan Audio Visual sebagai Media Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Struktur Lapisan Bumi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial Volume., 3(5), 66–76. https://doi.org/10.61132/nakula.v3i5.2031

Morisson, B., Sutisna, U., Umam, R. A., Pendidikan, P., Universitas, B., Yogyakarta, N., & Pgri, S. M. A. (2024). Learning Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa di. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |, 02(2), 51–60. https://doi.org/10.55656/wjp.v2i2.338

Muthmainah, N. (2021). Penggunaan Plotagon Story Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. ALLEMANIA: Jurnal Bahasa Dan Sastra Jerman, 11(2), 169–177.

Nur Azmi Alwi, & Putri Lestari Agustia. (2024). Penggunaan Media Vidio Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 183–190. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3095

Rahayu, F., Wulandari, N., & Permadi, D. R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 3(2), 407–417. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i2.2378

Rahmah, M., & Kurniawan, S. (2025). Pengembangan Pembelajaran PAI Bagi Digital Natives : Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 192–201.

Rosalina, E., Hajani, T. J., & Yuyani, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Plotagon Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas IV SD N egeri Lubuk Kumbung. Primary Education Journal Silampari, 5(1), 26–29.https://doi.org/10.31540/pejs.v5i1.2458

Saraswati, R. P., & Hidayat, T. (2025). Penerapan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar PPKn Siswa Kelas III SDN 008. TUNAS: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2, 31–43.


Keywords  :  
Kata Kunci: Video Pembelajaran;, Plotagon;, Media Interaktif;, Kompetensi Guru;, Teknologi Pendidikan Instructional video;, Plotagon;, Interactive media;, Teacher competence;, Educational technology;
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-26
Cara Mengutip  :  
Nugroho, Mildan Arsan Fidinillah, Uup Gufron, Suwandi, S., Hadi, I., Eka Sanjaya, R., … Baron, R. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PLOTAGON BAGI GURU MI SA’ADATUDDARAIN II, TANGERANG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 249–258. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3326
Terbitan  :