PELATIHAN MODEL GROUP COUNSELING BAGI GURU PENDAMPING KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Dahlia Novarianing Asri ( Universitas PGRI Madiun, Indonesia )
Bambang Eko Hari Cahyono ( Universitas PGRI Madiun, Indonesia )
Endang Sri Maruti ( Universitas PGRI Madiun, Indonesia )

Abstrak

Pembelajaran kosakata bagi siswa berkebutuhan khusus, ketepatan pemilihan model dan media pembelajaran sangat menentukan keberhasilan tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembekalan materi dan pelatihan bagi guru pendamping khusus sekolah dasar inklusi dalam menerapkan model group counseling dengan media wayang kontemporer dalam pembelajaran kosakata. Tujuan pelatihan ini adalah membekali para guru tentang konsep dasar terkait dengan pembelajaran kosakata, model group counseling, dan media pembelajaran inovatif. Selain itu, juga bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada para guru pendamping khusus di sekolah Inklusi Kabupaten Magetan dalam menerapkan model group counseling dengan media wayang kontemporer untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan pelatihan dilakukan melalui 3 tahap, yaitu tahap pembekalan materi, latihan penerapan model group counseling dengan media wayang kontemporer, dan praktik penerapan model model group counseling dengan media wayang kontemporer di sekolah. Metode pelatihan menggunakan metode ceramah, unjuk kerja, dan praktik secara langsung di sekolah. Hasil pelatihan yaitu pada tahap pembekalan materi diberikan materi tentang pembelajaran kosakata, group counseling, media pembelajaran inovatif, dan model group counseling dengan media wayang kontemporer. Kegiatan latihan penerapan model group counseling dengan media wayang kontemporer dilakukan melalui 3 kegiatan, yaitu kegiatan rekreasi, psikoedukasi, dan resolusi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap prinsip dan teknik dasar group counseling, serta meningkatnya kepercayaan diri mereka dalam mengaplikasikan model ini di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung terciptanya lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Rekomendasi dari kegiatan ini adalah perlunya pelatihan lanjutan dan supervisi berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan praktik group counseling oleh GPK di sekolah masing-masing.

Referensi

Asri, D.N, Cahyono, B.E.H, Trisnani, R. P. (2023). Pengembangan Model Group Counseling dengan Media Wayang Kontemporer untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Siswa Berkebutuhan Khusus pada SD Inklusi di Kabupaten Magetan (Laporan Hasil Penelitian tidak diterbitkan).

Asri, D.N., Cahyono, B.E.H., Trisnani, R.P. (2024). Special Needs Student’s Vocabulary Mastery: The Role of Self-Eficacy as a Mediator in the Implementation Group Counseling Model with Modern Puppet Media. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(5), 2490-2503. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i5.2027

Azhari, A. & Sulistianingsih, S. (2020). Konseling Kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kesadaran Pendidikan. At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), 48–59. https://Doi.Org/10.22373/TAUJIH.V3I1.721.

Banat, M. S., Al-Taj, M. H., AlShoubaki, H. N., & Sarhan, Y. W. (2020). The effectiveness of a group counseling program in enhancing the ability to form friendship among academically talented students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 691-700. http://dx.doi.org/10.17478/jegys.679131

Berg, R.C., Landreth, G.L, Fall, K. . (2006). Group Counseling. Concepts and Procedures. Routledge.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6 (2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.

Cahyono, B., Asri, D., Trisnani, R. (2024). Vocabulary learning for slow learner students in inclusive elementary schools: A case of Magetan Regency, East Java, Indonesia. Research Journal in Advanced Humanities, 5(1), 2009-222. https://orcid.org/0000-0001-5204-1849

Carlucy, N.P.R, Suadnyana, I.N., & Negara, I.G.A.O. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416.

Chalraburtty, S. (2017). What are the differences between individual and group counseling? Http://Www.Quora.Com.

Cherry, K. (2017). What is group therapy and how does it work? Http://Www.Verywellmind.Com.

Devi, A. & Maisaroh, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD. Jurnal PGSD Indonesia, 3(2), 1–16. http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/jpi/article/view/985.

Dhieni, N. (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Elviza, Y., Emidar, Noveria, E. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosa kata Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang di Kelas VII A SMPN 2 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 399-476. https://doi.org/10.24036/1361-019883

Fasasih, I. & Hidayat, L. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Wayang Gambar pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas II SLB Puspa Melati Tepus Gunungkidul. Jurnal Exponential. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 2(1), 219–231. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/1853

Hornby, G. (2015). Inclusive special education: development of a new theory for the education of children with special educational needs and disabilities. British Journal of Special Education, 42(3), 234–256. http://dx.doi.org/10.1111/1467-8578.12101

Jenkins, J.R., Stein, M. & Wysocki, K. (2004). Learning Vocabulary Through Reading. American Educational Research Journal, 21, 767-787. https://doi.org/10.3102/00028312021004767

Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054.

Klesius, J. & Searls, E. (2001). Vocabulary Instruction. Reading Psychology, 12, 165-171. https://www.perfectionlearning.com/pub/common/series/vl. research.2-4.pdf

Lestariningsih, M.D. & Parmiti, D.P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosa kata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 71-79. file:///C:/Users/USER/Downloads/adminpaud,+9.+JJPAUD+-+Mirawati+Dina+Lestariningsih+65-73.pdf

Mulyati, S. & Istirahayu, I. (2016). Penerapan Konseling Kelompok dalam Aspek Kompetensi Intrapersonal Siswa Kelas X. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 1(2), 40–41. https://media.neliti.com/media/publications/181351-ID-penerapan-konseling-kelompok-dalam-aspek.pdf

Mrazek, J. (2002). Puppet Theater in Contemporary Indonesia: New Approaches to Performance Events. Michigan Papers on South and Southeast Asia. Ann Abor. University of Michigan. https://doi.org/10.3998/mpub.19314

Pebri, P., Tegeh, I.M. & Rahayu, P. W. (2017). Efektivitas Metode Bercerita dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B di TK Widya Sesana Sangsit 2016/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347. https://doi.org/https://doi.org/http:// dx.doi.org/10.23887/paud.v5i1.11557.

Petty, W.T., Herold, C.P. & Stoll, E.E. (1998). The State of Knowledge about the Teaching of Vocabulary. Champaign, IL: National Council of Teachers of English.

Roe, B.D., Stoodt, B.D. (1995). The Content Areas. Boston: Houghton Mifflin.

Shu, H., Anderson, R.E., & Zhang, H. (2005). Incidental Learning of Word Meanings while Reading: A Chinese and American Cross-Cultural Study. Reading Research Quartely, 30, 76-95. https://doi.org/10.2307/747745

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Terpstra, J.E., & Tamura, R. (2008). Effective social interaction strategies for inclusive setting. Early Childhood Education Journal, 35(5), 405-411. http://dx.doi.org/10.1007/s10643-007-0225-0

Vogel, J. & Venberg, E.M. (1993). Children’s Psychological Responses to Disarter. Journal of Clinical Child Psychology. 22, 464-484. https://doi.org/10.1207/s15374424jccp2204_7

Yuharto (2014). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Teknik Permainan Bahasa di Kelas III SD Negeri Prabumulih II Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Yusop, Y. M., Marzuki, W., Zainudin, Z. N., & Jaafar, W. M. (2020). The Effect of Group Counselling. Journal of Critical Reviews, 7(13), 623-628. http://dx.doi.org/10.31838/jcr.07.13.109


Keywords  :  
Kata Kunci: group counseling model, contemporary puppet media, vocabulary learning, special assistant teachers, inclusive elementary schools model group counseling, media wayang kontemporer, pembelajaran kosakata, guru pendamping khusus, sekolah dasar inklusi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-26
Cara Mengutip  :  
Novarianing Asri, D., Eko Hari Cahyono, B., & Sri Maruti , E. (2025). PELATIHAN MODEL GROUP COUNSELING BAGI GURU PENDAMPING KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 231–242. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3065
Terbitan  :