PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TATA KECANTIKAN MELALUI PELATIHAN DAN PENYEDIAAN SARANA PRAKTIK BARBER BERBASIS DUNIA INDUSTRI

Wisri Ardhita Manda Putri ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Putri Chairina Zulfiani ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Mei Alsih Sihombing ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Irmiah Nurul Rangkuti ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Asrah Rezki Fauzani ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )
Astrid Sitompul ( Universitas Negeri Medan, Indonesia )

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru tata kecantikan di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan melalui pelatihan dan pendampingan keterampilan Barber berbasis dunia industri. Mitra sasaran merupakan guru-guru yang masih memiliki keterbatasan dalam penguasaan teknik pemangkasan rambut pria, belum memiliki akses terhadap pelatihan berbasis industri, serta minimnya sarana praktik sesuai standar industri. Permasalahan utama yang diidentifikasi meliputi: (1) rendahnya kompetensi guru dalam teknik Barber, (2) keterbatasan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, (3) belum tersedianya pelatihan berbasis industri yang relevan, dan (4) belum terjalinnya kemitraan dengan praktisi barbershop profesional. Solusi yang ditawarkan meliputi pelatihan intensif teknik dasar hingga lanjutan dalam pemangkasan rambut pria, penyediaan alat praktik seperti hair clipper, trimmer, dan gunting potong, serta pengembangan video tutorial sebagai media pembelajaran mandiri. Selain itu, kegiatan ini juga memfasilitasi kerja sama antara sekolah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), serta pendampingan dalam pemanfaatan media pembelajaran tersebut. Metode pelaksanaan terdiri dari tahap persiapan, pelatihan, pendampingan praktik, evaluasi kompetensi, dan publikasi hasil kegiatan. Implikasi dari program ini adalah terbangunnya model pelatihan vokasional berbasis industri yang dapat direplikasi di sekolah sejenis, peningkatan kualitas pengajaran guru kejuruan, serta penguatan sinergi antara lembaga pendidikan vokasi dan industri dalam pengembangan sumber daya manusia yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

Referensi

Astiti, A. D., Eliza, F., Hakiki, M., Fadli, R., & Abi Hamid, M. (2024). Workshop Pengembangan Learning Management System Berbasis Goole Sites untuk Guru MGMP Teknik Ketenagalistrikan Sumbar. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58740/mjp.v1i1.96

Dewi, H. R., Wijayanti, R. A. R., & Zainudin, Z. (2024). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(2), 297–303. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i2.338

Eviana, N., & Arevin, A. T. (2020). Pengembangan Desa Wisata Kampung Cukur Bojonggede Kabupaten Bogor. SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, 1(2), 228-244. https://doi.org/10.56881/senada.v1i2.43

Karnasih, T., Nursetiawati, S., & Mahdiyah, M. (2020). Hubungan Kompetensi Profesional Widyaiswara dan Prestasi Belajar Guru Terhadap Hasil Uji Sertifikasi Kompetensi Guru Keahlian Ganda. Syntax Literate, 5(5), 173-183. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i5.1120

Marzuki, Febiantoni, F., & Abdul Aziz, S. (2024). Pelatihan Penguatan Pendidikan Agama Dan Pendidikan Pancasila Bagi Guru di SMA Negeri 1 Singaparna. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 113–119. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.207

Nihayah, A. Z., Musolichah, T., & Rifqi, L. H. (2022). Pelatihan E-Commerce dan Social Commerce untuk Meningkatkan Kompetensi Tecnopreneurship pada Siswa SMK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 647–663. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3876

Sari, A. K., Rahmiati, R., Rosalina, L., & Irfan, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran perawatan wajah berbasis android pada kompetensi tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(4), 602-606. https://doi.org/10.29210/30032220000

Sari, M., Nucifera, P., & Liasna, T. (2025). Pelatihan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 2(1), 133–141. https://doi.org/10.58740/m-jp.v2i1.381

Sari, A. K., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa jurusan tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 148-155. https://doi.org/10.29210/30031696000

Setiawati, E., Efi, A., R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Kecantikan Kulit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 363–372. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21847

Suyato, Mulyono, B., Sutrisno, C., & Nur Hayati, I. (2024). Pelatihan Literasi Dan Kewarganegaraan Digital Guru MGMP Pendidikan Kewarganegaraan Kabupaten Tasikmalaya. Masyarakat: Jurnal Pengabdian, 1(1), 120–126. https://doi.org/10.58740/m-jp.v1i1.202

Wulandari, C. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Kompetensi Penataan Sanggul Gala Siswa Kelas XI Tata Kecantikan Rambut Smk Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Tata Rias, 5(03). https://doi.org/10.26740/jtr.v5n03.p%p


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-26
Cara Mengutip  :  
Ardhita Manda Putri, W., Chairina Zulfiani, P., Alsih Sihombing, M., Nurul Rangkuti, I., Rezki Fauzani, A., & Sitompul, A. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TATA KECANTIKAN MELALUI PELATIHAN DAN PENYEDIAAN SARANA PRAKTIK BARBER BERBASIS DUNIA INDUSTRI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 216–223. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3059
Terbitan  :