MENINGKATKAN KAPASITAS PUBLIKASI ILMIAH DOSEN PSIKOLOGI MELALUI PROGRAM “MELEJITKAN SINTA SKOR”
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk “Melejitkan Skor SINTA” dilaksanakan sebagai respons terhadap kebutuhan peningkatan kapasitas dosen dalam pengelolaan identitas akademik dan publikasi ilmiah, khususnya di lingkungan Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid dan melibatkan 12 orang dosen sebagai peserta aktif. Berdasarkan hasil analisis situasi awal, ditemukan bahwa sebagian besar dosen belum memahami secara komprehensif mekanisme sistem penilaian SINTA, strategi peningkatan sitasi, serta optimalisasi akun Google Scholar, Garuda, dan SINTA. Kegiatan ini dirancang menggunakan pendekatan edukatif-partisipatif yang mencakup workshop, bimbingan teknis, serta pendampingan individual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai strategi publikasi dan pengelolaan akun SINTA, serta adanya perbaikan nyata dalam tampilan dan kelengkapan profil dosen di platform akademik. Selain itu, skor SINTA rata-rata dosen mengalami peningkatan setelah kegiatan berlangsung, yang menunjukkan efektivitas intervensi yang diberikan. Terbentuk pula komunitas diskusi berkelanjutan yang mendorong kolaborasi dan pertukaran informasi terkait publikasi ilmiah. Kegiatan ini menegaskan pentingnya intervensi terstruktur dan berkelanjutan untuk mendorong dosen mencapai visibilitas dan rekognisi akademik yang lebih tinggi melalui penguatan kapasitas publikasi dan pemanfaatan teknologi digital.
Referensi
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2011). Teori-Teori Psikologi (1st ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hidayat, D. S., Lukman, Ahmadi, S. S., Manalu, W., Arief, H., Suryana, N., & Wardhanie, D. R. (2019). Pedoman Publikasi Ilmiah (2nd ed.). Ristekdikti.
Lauster, P. (2003). Tes kepribadian. Jakarta: Bumi aksara.
Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M. Y., Marul, Sahri, Ahdiyat, M., Sari, I. N., Gusty, S., Nugraha, N. A., Bungin, E. R., Purba, B., & Anwar, A. F. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi. In Yayasan Kita Menulis. http://repository.unifa.ac.id/id/eprint/113/1/05
Patton, M. Q. (2002). Two Decades of Developments in Qualitative Inquiry: A Personal, Experiential Perspective. Qualitative Social Work, 1(3), 261–283. https://doi.org/10.1177/1473325002001003636
Purnobasuki, H., Efendi, F., Harisanty, D., & Nafisyah, A. L. (2022). Strategi Peningkatan Sitasi bagi Civitas Akademia dan Peneliti. Airlangga University Press.
Rusliana, I. (2022). Mudahnya Menulis Ilmiah: Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa (1st ed.). Prenada Media.
Suryaningsum, S., Purwanto, H. S., Tanjung, R. W., Kusumastutik, B., Bour, B. A., & Limbong, A. J. (2020). Strategi Pendanaan Penelitian pada Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Kinerja Penelitian (I. S. Utami (ed.)). Nugra Media.
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Academic Identity;, Digital Literacy;, Lecturer Development;, Scientific Publication;, SINTA Score; Identitas akademik;, Kemampuan Digital;, Pengembangan Dosen;, Publikasi Ilmiah;, Skor Sinta
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-09-27
|
| Cara Mengutip | : |
Nofrianda, R., Ilham, M., Fadzlul, Widya Gultom, H., Maghfira, M., Hafizah, N., & Dianesti Dewi, A. (2025). MENINGKATKAN KAPASITAS PUBLIKASI ILMIAH DOSEN PSIKOLOGI MELALUI PROGRAM “MELEJITKAN SINTA SKOR”. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 299–306. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.2988
|
| Terbitan | : |

.png)


33.png)



_SCCC.png)

