PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FOTONOVELA MENGGUNAKAN CANVA UNTUK GURU DI KECAMATAN LIMBANGAN GARUT
Abstrak
Pengembangan kompetensi guru perlu terus dilatih dan ditingkatkan. Hasil observasi dan temuan menunjukkan bahwa masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menciptakan media pembelajaran yang efektif, terutama dalam mengadaptasi teknologi untuk meningkatkan daya tarik dan pemahaman peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan yang sistematis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan fotonovela, sebuah media pembelajaran berbasis gambar dan teks yang menyerupai komik, yang dapat membantu menyajikan materi ajar secara lebih menarik dan mudah dipahami. Program pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman konseptual serta keterampilan praktis kepada para guru dalam pembuatan media fotonovela menggunakan Canva. Pelatihan ini dilaksanakan melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil pelatihan. Metode yang digunakan meliputi pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab, serta praktik langsung oleh peserta. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan Canva untuk membuat fotonovela sebagai media pembelajaran. Guru-guru yang mengikuti pelatihan mampu menciptakan media pembelajaran yang lebih kreatif, menarik, serta sesuai dengan kebutuhan siswa. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut.
Referensi
Agustina, R., & Suprianto, D. (2022). Pelatihan Desain Grafis dan Fotonovela untuk Warga Desa Ngembal Kec. Wajak Kab. Malang. Jurnal Surya. https://doi.org/10.37150/jsu.v4i2.203
Artikawati, F., & Soekirno, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Media Fotonovela Terhadap Aktivitas Pembelajaran . Jurnal Sinektik.https://doi.org/10.33061/js.v2i1.2982
Fitriani, Faisol, A., Wamiliana, Notiragayu, Chasanah, S. L., & Kurniasari, D. (2022). Pelatihan Canva dalam Pembuatan Media Pembelajaran bagi Guru - Guru SMK di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tabikpun.https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i3.96
Mayer. (2021). Multimedia Learning (3rd ed.). Cambridge University Press.https://doi.org/10.1017/9781108894333.003
Paivio, A. (2006). Dual Coding Theory And Education. The University of Michigan School of Education.
Prabowo, Y. F., & Wakijo. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbantu Fotonovela Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ma Bustanul Ulum Jayasakti. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 59-64.https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2864
Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2016). Pelatihan Pembuatan Media Fotonovela Menggunakan Aplikasi Portable bagi Guru SD. Widya Wacana.
Sabrina, A. N., Maharja, R. L., Naingglan, M. M., & Gaol, L. M. (2023). Pengaruh Pengembangan Media Ajar Visual Terhadap Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Konsep Matematika Secara Visual. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-11.https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.113
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pelatihan, Canva, fotonovela, media pembelajaran visual Training, Visual Learning Media, Canva, Fotonovela;
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-07
|
Cara Mengutip | : |
Hardiani, S. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA FOTONOVELA MENGGUNAKAN CANVA UNTUK GURU DI KECAMATAN LIMBANGAN GARUT. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 175–180. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2841
|
Terbitan | : |