REVITALISASI USAHA MIKRO DI DESA GANDU MELALUI PENERAPKAN STRATEGI BISNIS YANG EFEKTIF UNTUK PERTUMBUHAN BERKELANJUTAN

Amilia Yuni Damayanti ( Universitas Darussalam Gontor, Indonesia )
Arief Rahmawan ( Universitas Darussalam Gontor, Indonesia )
Khurun'in Zahro' ( Universitas Darussalam Gontor, Indonesia )
Akhmad Affandi Mahfudz ( Universitas Darussalam Gontor, Indonesia )
Royyan Ramdhani Djayusman ( Universitas Darussalam Gontor, Indonesia )

Abstrak

Usaha Mikro (UM) di Desa Gandu memiliki potensi ekonomi yang besar, namun masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan berkelanjutan. Permasalahan utama yang dihadapi pelaku UM meliputi keterbatasan dalam penyusunan strategi bisnis, manajemen produksi yang kurang efisien, serta rendahnya pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran. Salah satu usaha yang menghadapi tantangan tersebut adalah UM Krecek Krupuk Bu Nor. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kapasitas mitra dalam menyusun strategi bisnis yang efektif, meningkatkan efisiensi produksi, memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran, serta memperbaiki pengelolaan keuangan guna mendorong pertumbuhan usaha yang berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang melibatkan mitra secara aktif dalam seluruh proses. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku usaha dalam menyusun strategi bisnis, menerapkan teknik pemasaran digital, serta memperbaiki manajemen produksi. Evaluasi pasca-pelatihan menunjukkan bahwa strategi yang telah disusun mampu membantu usaha dalam meningkatkan kapasitas produksi dan daya saing di pasar. Dengan adanya pelatihan dan pendampingan ini, diharapkan UM Krecek Krupuk Bu Nor dapat berkembang secara berkelanjutan, meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya, memperluas jangkauan pemasaran, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pemilik usaha.

Referensi

Adam, M., Tajudin, D., Setiawati, D., Sinaturi, M. P. L., & Simanungkalit, D. D. C. (2024). Strategi Pemasaran Kreatif untuk UMKM Masyarakat di Lingkungan RW017, RW018, dan RW008 Perumahan Benda Baru Pamulang,Tangerang Selatan, Banten. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(11), 124–134.

Denga, E. M. & Rakshit, S. (2023). Digital Marketing and the Sustainable Performance of Small and Medium Enterprises. In R. Potluri & N. Vajjhala (Eds.), Advancing SMEs Toward E-Commerce Policies for Sustainability (pp. 213-234). IGI Global Scientific Publishing. https://doi.org/10.4018/978-1-6684-5727-6.ch011

Gunawan, A.F. (2024). The Impact of Entrepreneurial Characteristics and Competencies on Business Performance in the Creative Industry in Indonesia. Asia Pacific Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol. 18 No. 3, pp. 300-317. https://doi.org/10.1108/APJIE-09-2023-0172

Imron, Ali., M.Iqbal Notoatmojo & Rizka Ariyanti. (2024). Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Melalui Pelatihan Kemasan Produk pada Pelaku Usaha Perempuan di Desa Api-Api Wonokerto. Harmoni Sosial: Jurnal Pengabdian dan Solidaritas Masyarakat, 1(3), 76–83. https://doi.org/10.62383/harmoni.v1i3.321

Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 3(3), 2338–4603.https://doi.org/10.22437/ppd.v3i3.3535

Putra, P. D., Fransiari, M. E., & Thohiri, R. (2024). PKM Peningkatan Kualitas Produk UMKM Chicken Pok-Pok di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. 6(1), 2692–2696.

Salim, N., & Rahmadhani, S. (2024). Pengaruh Modal Usaha, Lama Usaha Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah. Among Makarti, 17(1), 111. https://doi.org/10.52353/ama.v17i1.634

Suci, Y. R. (2016). Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Wilayah Pedesaan. Journal Development, 4(2), 70–88. https://doi.org/10.53978/jd.v4i2.37

Syahruddin, Khurun'in Zahro', Arizqiya Nurfattah, Azzam Al Hanif, & Roudhoh Hannaris Said. (2025). Membangun Penguatan Pemahaman dan Kesadaran Wakaf Masyarakat Pesantren Gontor Melalui GISWAF. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 24–30. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2797

Tanjung, A. N., Waruwu, E., Waruwu, S., Zega, Y., & Halawa, F. (2024). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Gunungsitoli. EKOMA: Jurnal EKonomi, Manajmenen, Akuntansi, 3(5), 1014–1021. https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v1i1.3829

Widiyono, A., Hamidaturrohmah, Munir, M., Efendi, A., & Muhaimin, M. (2022). PKM Peningkatan Kualitas Produk UMKM Samudra Kerang Melalui Inovasi Olahan Kerang Resep Saus Padang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, 01(02), 103–110.


Keywords  :  
Kata Kunci: Micro Enterprise Revitalization, Business Strategy, Digital Marketing, Sustainable Growth Revitalisasi Usaha Mikro, Strategi Bisnis, Pemasaran Digital, Pertumbuhan Berkelanjutan
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-27
Cara Mengutip  :  
Amilia Yuni Damayanti, Arief Rahmawan, Khurun'in Zahro', Akhmad Affandi Mahfudz, & Royyan Ramdhani Djayusman. (2025). REVITALISASI USAHA MIKRO DI DESA GANDU MELALUI PENERAPKAN STRATEGI BISNIS YANG EFEKTIF UNTUK PERTUMBUHAN BERKELANJUTAN . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 267–272. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.2840
Terbitan  :