PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GURU BAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN POWTOON DAN BOOKCREATOR DI ERA PEMBELAJARAN DIGITAL
Abstrak
Pelatihan penggunaan Powtoon dan BookCreator ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru Bahasa Inggris dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran. Diikuti oleh 25 guru Madrasah Tsanawiyah, kegiatan ini terdiri dari dua sesi utama: pembuatan video animasi dengan Powtoon dan penyusunan e-modul interaktif menggunakan BookCreator. Pada hari pertama, peserta belajar membuat video pembelajaran dengan Powtoon dan mengunggah hasilnya ke YouTube. Hari kedua, pelatihan difokuskan pada pembuatan bahan ajar digital menggunakan fitur multimodal dalam BookCreator, seperti teks, grafik, audio, dan video. Pelatihan ini mendapat respons positif dari para peserta, yang aktif terlibat dalam sesi praktik dan menunjukkan motivasi tinggi untuk mengembangkan kompetensi mereka dalam pengajaran digital. Evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan para guru merasa pelatihan ini relevan dan berguna untuk pengajaran Bahasa Inggris mereka. Pelatihan ini membantu mereka mengadaptasi teknologi dalam pembelajaran, yang diharapkan mampu meningkatkan partisipasi dan minat siswa dalam kelas. Hasil akhir berupa video pembelajaran dan e-modul yang siap digunakan di kelas sebagai media pengajaran interaktif.
Referensi
Alamri, H. A., Watson, S., & Watson, W. (2021). Learning Technology Models that Support Personalization within Blended Learning Environments in Higher Education. TechTrends, 65(1). https://doi.org/10.1007/s11528-020-00530-3
Anggraeni, D., Rizaldi, R., & Dewi, M. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Microsoft PowerPoint 2010 untuk Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.606.v1i1.606
Bernacki, M. L., Greene, M. J., & Lobczowski, N. G. (2021). A Systematic Review of Research on Personalized Learning: Personalized by Whom, to What, How, and for What Purpose(s)? In Educational Psychology Review (Vol. 33, Issue 4). https://doi.org/10.1007/s10648-021-09615-8
Carmichael, M., Reid, A.-K., & Karpicke, J. D. (2017). Assessing the Impact of Educational Video on Student Engagement , Critical Thinking and Learning : The Current State of Play. Sage.
Herodotou, C., Sharples, M., Gaved, M., Kukulska-Hulme, A., Rienties, B., Scanlon, E., & Whitelock, D. (2019). Innovative Pedagogies of the Future: An Evidence-Based Selection. In Frontiers in Education (Vol. 4). https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00113
Indriani, L., Ekaningrum, R. E., & Rahardi, P. (2023). Powtoon as Digital Learning Media in Academic Writing Class: Students’ Perspective and Challenges. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 8(2). https://doi.org/10.21093/ijeltal.v8i2.1552
Kaliraj, P., & Devi, T. (2022). Industry 4.0 Technologies for Education: Transformative Technologies and Applications (1st ed.). (P. Kaliraj & T. Devi, Eds.; 1st ed., pp. 1–584). Auerbach Publications. https://doi.org/10.1201/9781003318378
Keedle, H., Young, K., Arundell, F., & Burns, E. (2024). Midwifery student engagement with digital interactive books: A cross sectional survey. Women and Birth, 37(6), 101826. https://doi.org/10.1016/j.wombi.2024.101826
Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1). https://doi.org/10.1177/1745499919829214
La’biran, R., Roberto Salu Situru’, Theresyam Kabanga’, & Resnita Dewi. (2023). Pengajaran Berbicara Bahasa Inggris Bagi Pemuda di Objek Wisata Marimbunna. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v3i2.27503
Leão, C., Alves, A. C., Soares, F., & Silva, V. (2023, February 8). Preparing Generation Z: Beyond Technologies. ASME 2022 International Mechanical Engineering Congress and Exposition. https://doi.org/10.1115/IMECE2022-95513
Edwards, L. (2022, February 28). What is Powtoon and how can it be used for teaching? Tips and tricks. . Tech & Learning.
Martin, F., & Betrus, A. K. (2019). Digital Media for Learning: Theories, Processes, and Solutions. Springer Nature.https://doi.org/10.1007/978-3-030-33120-7
Msafiri, M. M., Kangwa, D., & Cai, L. (2023). A systematic literature review of ICT integration in secondary education: what works, what does not, and what next? Discover Education, 2(1). https://doi.org/10.1007/s44217-023-00070-x
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2). https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Puspitorini, F., Hamdani, H., Zulfadhli, M., Muhendra, R., & Kusuma, A. P. (2022). Optimalisasi Media Ajar dalam Pengajaran Berbasis Digital di SD Negeri Muktiwari 01. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31334/jks.v5i1.2364
Savitri, W. E., Nugroho, H. A., Akhiriyah, S., Dari, R. W., Rahmawati, E., & Chakim, N. (2022). English teacher PPT gamification skills development in Trenggalek. Community Empowerment, 7(11). https://doi.org/10.31603/ce.8088
Yani, A., Ratnawati, R., & Moch. Yusuf, M. (2020). Pelatihan Penggunaan Software Autocad untuk Meningkatan Kompetensi Siswa-Siswi SMK Rigomasi Bontang. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i2.169
Yulian, R., Ruhama’, U., & Alkadri, S. P. A. (2023). Pelatihan Pengembangan Flipped Classroom Berbasis Higher-Order Thinking Skills (HOTS) dan Kurikulum Merdeka bagi MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Abdi Insani, 10(3). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.1085
Keywords | : |
Kata Kunci:
Powtoon, BookCreator training; English Teachers; Teaching English in digital era; Pelatihan Powtoon, BookCreator, Guru Bahasa Inggris, digital
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-05
|
Cara Mengutip | : |
Rahayu Sugiharti, D., Pariyanto, P., & Noraisya Primandari, P. (2025). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GURU BAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN POWTOON DAN BOOKCREATOR DI ERA PEMBELAJARAN DIGITAL. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 156–164. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2811
|
Terbitan | : |