DESAIN DAN PENGEMBANGAN SERTA PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR
Abstrak
Tujuan dari pengabdian ini adalah menjalankan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu salah satunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat, memberikan edukasi kepada pendidik dalam peningkatkan pengetahuan tentang pengembangan desain teknologi pembelajaran, dan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan. Peran teknologi pembelajaran dalam desain pembelajaran adalah kompleks dan beragam. Secara keseluruhan, teknologi pembelajaran berperan sebagai penggerak utama dalam mendesain pembelajaran yang lebih adaptif, interaktif, dan efektif. Meskipun, teknologi memiliki potensi untuk memperkaya pengalaman belajar, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran terkait kesenjangan digital, kemampuan guru, dan keselarasan kurikulum. Pendekatan yang seimbang dalam desain pembelajaran, yang menggabungkan kekuatan teknologi dengan kearifan metode pengajaran tradisional, sangat penting untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif. penggunaan media pembelajaran dapat berjalan efektif diperlukan penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai. Solusi dari permasalahan mitra, yaitu salah satu pendekatan yang cocok untuk era society 5.0 adalah pendekatan STEM. Dasar pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari pengabdian ini adalah keberhasilan target jumlah peserta pengabdian, ketercapaian tujuan pengabdian, ketercapaian target materi yang telah direncanakan, kemampuan peserta dalam penguasaan materi, kemampuan peserta dalam mempraktikkan teknologi yang telah disampaikan oleh pengabdian, kerjasama antara pihak kampus dan mitra, ketercapaian dalam peningkatan kualitas penilaian berbasis digital, ketercapaian dalam meningkatan pemahaman inovasi media berbasis digital.
Referensi
Azimjanova, M. T. (2022). Distance Learning System as a Means of Information and Communication Technologies in the Educational Process. European Journal of Innovation in Nonformal Education ( EJINE ), 2(6), 85–87.
Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan Ai Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
Chandra, E., Setiawan, M. N., Sulystiawati, D., & Warjoyo, J. G. (2025). Peningkatan Kompetensi Teknologi Digital dalam Pendidikan Seni di SD Sinar Dharma Jakarta Barat. 7(2), 255–262. https://doi.org/10.31334/jks.v7i2.4396
Dwijaya, R. A., & Rigianti, H. A. (2024). Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di Sekolah Dasar. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 509–522. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2524
Hernández-Campos, E., Jaimez-González, C. R., & García-Mendoza, B. (2020). Interactive mobile applications to support the teaching of reading and writing of Spanish for children in primary education. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(14), 64–79. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i14.14925
Noptario, N., Rizki, N., Nur’aini, N., & Ningrum, E. C. (2024). Peran Guru dalam Kurikulum Merdeka: Upaya Penguatan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 656–663.https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.813
Pujiastuti, A., Nurhidayah, S. A., & Ridhasyah, R. (2025). Workshop Penggunaan Quizizz Dalam Meningkatkan Pembelajaran Digital Dan Interaktif. 4(1), 43–48. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v4i1.29
Keywords | : |
Kata Kunci:
Design, Development, Utilization, Technology, Education. Desain., Pengembangan, Pemanfaatan Teknologi Pendidikan
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-05
|
Cara Mengutip | : |
Nurmawati, F., Prihatmojo, A., Nailil Hikmah, A., & Rahma Kamila, A. (2025). DESAIN DAN PENGEMBANGAN SERTA PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 116–123. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2807
|
Terbitan | : |