MEMBANGUN PENGUATAN PEMAHAMAN DAN KESADARAN WAKAF MASYARAKAT PESANTREN GONTOR MELALUI GISWAF
Abstrak
Wakaf memiliki peran strategis dalam pemberdayaan ekonomi umat Islam melalui pemanfaatan yang inovatif dan produktif. Namun, pemahaman dan literasi masyarakat tentang wakaf masih tergolong rendah. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan literasi wakaf melalui kegiatan Gerakan Indonesia Sadar Wakaf (GISWAF) yang dilaksanakan di Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus Putri. Metode pelaksanaan melibatkan pendekatan partisipatif yang terdiri dari edukasi, diskusi studi kasus, pelatihan praktis, dan evaluasi pre-test dan post-test. Program ini dirancang untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kesadaran berwakaf setelah dilakukan penyuluhan. Hasil pre-test dan post-test dari 150 peserta guru Gontor menunjukkan bahwa pemahaman dan kesadaran guru Gontor tentang wakaf produktif dan beberapa skemanya belum begitu mendalam. Terlihat dari persentase hasil jawaban 54 % benar dan 46% salah, yang masih didominasi oleh jawaban yang kurang tepat. Sedangkan, pada post-test telah menunjukkan perbedaaan yang signifikan yaitu didominasi jawaban yang benar dengan persentase hasil jawaban 87% benar dan 13% salah. Dengan demikian, sudah terlihat secara nyata dampak perubahan dari penyuluhan untuk saat ini, namun perlu adanya pengembangan dan keberlanjutan agar pemahaman yang didapatkan para guru Gontor dapat maksimal. Peserta menunjukkan kemampuan dalam merancang dan mengelola proyek wakaf produktif di sektor pendidikan dan ekonomi. Meski demikian, tantangan terkait pemahaman teknis dan penerapan masih dihadapi, yang memerlukan pendampingan berkelanjutan. Sebagai saran, diperlukan digitalisasi modul pelatihan, kemitraan strategis dengan lembaga wakaf, dan pengembangan platform daring untuk memperluas dampak program. Upaya ini diharapkan mampu menciptakan agen literasi wakaf yang berkontribusi pada kesejahteraan umat.
Referensi
Awalia, F. T. M. et al. (2024) ‘Sustainable Living Legacy Integrated from Mawarith Linked Waqf, Al-Iktisab: Journal of Islamic Economic Law, 8(1), pp. 59–72. doi: 10.21111/aliktisab.v8i1.11727.
Fanani, A. and Muhammad, N. (2020) ‘The Strategy of Waqf Influencing through International Center of Awqaf Studies Indonesia’, MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan, 36(1), pp. https://doi.org/10.29313/mimbar.v36i1.5999
Gontor (2024) WARDUN (Warta Dunia) Pondok Modern Darussalam Gontor.
Rachmawati, A. et al. (2024) ‘How Aware is Generation Z of Waqf? A Quantitative Study on Maqashid among Indonesian Muslim Students’, Ulul Albab: Jurnal Studi dan Penelitian Hukum Islam, 8(1). https://doi.org/10.30659/jua.v8i1.38478
Rohmaningtyas, N. (2018) ‘Pengumpulan Wakaf Berbasis Pesantren: Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor dan Pondok Modern Tazakka’, ADILLA: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.52166/adilla.v1i1.728 .
Zahro’, K., Amelia, I. and Agustin, N. P. (2023) ‘Peran Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Indonesia’, Ziswaf Asfa Journal, 1(1), pp. 16–32. https://doi.org/10.69948/ziswaf.3
PMDG, Moto, diakses pada 20 Januari 2025, https://gontor.ac.id/moto/
PMDG, Panca Jangka, diakses pada 20 Januari 2025, https://gontor.ac.id/panca-jangka/
PMDG, Panca Jiwa, diakses pada 20 Januari 2025, https://gontor.ac.id/panca-jiwa/
PMDG, UNIDA Gontor bersama Bank Indonesia Luncurkan ICAST, diakses pada 20 Januari 2025, https://gontor.ac.id/unida-gontor-bersama-bank-indonesia-luncurkan-icast/
UNIDA. Gontor bersama Bank Indonesia Luncurkan ICAST, diakses pada 20 Januari 2025, https://gontor.ac.id/unida-gontor-bersama-bank-indonesia-luncurkan-icast/
Keywords | : |
Kata Kunci:
Waqf, GISWAF, Waqf Literacy, Sharia Economics, Gontor Wakaf, GISWAF, Literasi Wakaf, Ekonomi Syariah, Gontor
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-03
|
Cara Mengutip | : |
Syahruddin, Khurun'in Zahro', Arizqiya Nurfattah, Azzam Al Hanif, & Roudhoh Hannaris Said. (2025). MEMBANGUN PENGUATAN PEMAHAMAN DAN KESADARAN WAKAF MASYARAKAT PESANTREN GONTOR MELALUI GISWAF . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 24–30. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2797
|
Terbitan | : |