PELATIHAN PADUAN SUARA DALAM RANGKA PEMBENTUKAN PADUAN SUARA SMAN 9 KUPANG
Abstrak
Kegiatan PkM ini berfokus pada pelatihan paduan suara yang dilaksanakan dalam rangka persiapan pembentukan Paduan Suara sekolah pada SMA Negeri 9, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sejauh ini, SMAN 9 Kupang belum memiliki Paduan Suara Sekolah yang permanen sehingga tujuan akhir dari kegiatan ini adalah terbentuknya Paduan Suara Sekolah yang anggota-anggotanya memiliki ketrampilan bernyanyi yang baik. Kegiatan ini melibatkan siswa-siswi SMAN 9 Kupang yang lolos seleksi untuk menjadi peserta pelatihan. Metode pelatihan yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan dan Tahap Evaluasi. Sedangkan metode pelatihan bernyanyi menggunakan metode demonstrasi dan metode drill. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan bernyanyi peserta yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test dari 4,63 menjadi 7,75 pada pos-tes. Semua aspek ketrampilan bernyanyi seperti membaca notasi, tempo lagu, artikulasi, dinamika, dan koreografi yang dilatih mengalami peningkatan yang cukup baik. Selain itu, hasil yang diperoleh adalah bahwa peserta pelatihan ini telah tampil sebagai satu Paduan suara dalam mengisi acara ulang tahun sekolah, serta mewakili SMAN 9 Kupang dalam mengisi acara pada gebyar SMK se provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan demikian, kegiatan PkM ini dapat dinilai cukup sukses dalam mempersiapkan Paduan Suara Sekolah pada SMAN 9 Kupang, namun disarankan agar Paduan Suara ini harus terus dibina. Pihak sekolah disarankan untuk menetapkan kegiatan Latihan Paduan Suara sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler tetap dengan jadwal Latihan yang reguler agar ketrampilan bernyanyi dari peserta pelathan ini dapat terus diasah dan berkembang.
Referensi
Alopati, V., Djau, N. S., & Muniir, A. (2020). Peningkatan membaca notasi balok dengan melalui metode drill pada pembelajaran bernyanyi lagu daerah. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Khatulistiwa, 9(12), 1–8. https://doi.org/10.26418/jppk.v9i12
Gordon, E. E. (2012). Learning Sequences in Music : A Contemporary Music Learning Theory. GIA Publication Inc.
Hallam, S. (2010). The power of music: Its impact on the intellectual, social and personal development of children and young people. International Journal of Music Education, 28(3), 269–298. https://doi.org/10.1177/0255761410370658
Lehmann, A. C., Sloboda, J. A., & Woody, R. H. (2007). chology for musicians: Understanding and acquiring the skills. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195146103.001.0001
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Putra, S. I. (2024). Penerapan metode Demonstrasi dan metode latihan (drill) Pada pembelajaran ekstrakurikuler paduan auara di MAN 2 Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 13(1), 132–149. https://doi.org/10.26740/jps.v13n1
Putra, Z. A. W., Sagalaa, M. D., Olendoa, Y. O., Ghozalia, I., Satriyaningsiha, A. R. O., & Aditya, M. C. P. (2023). Pelatihan teknik vokal pada paduan suara campuran di SMA Negeri 1 Pontianak. LOSARI: Jurnal PengabdianKepadaMasyarakat, 5(2), 73–83. https://doi.org/10.53860/losari
Keywords | : |
Kata Kunci:
School Choir, Demonstration Method, Drill Method Paduan Suara Sekolah, Metode Demostrasi, Metode Drill
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-03-03
|
Cara Mengutip | : |
Jeane Kefi, A., Bevan Making, A., Liu Misa, H., Sebastian, A., Arman Darjan, A., & Aleksius, M. (2025). PELATIHAN PADUAN SUARA DALAM RANGKA PEMBENTUKAN PADUAN SUARA SMAN 9 KUPANG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 91–97. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2796
|
Terbitan | : |