PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU

Mastarita Nova Wulanda ( UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia )
Muslimahayati Muslimahayati ( UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia )
Tia Agnesa ( UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia )

Abstrak

Ketertinggalan pembelajaran (Learning loss) akibat pandemi covid-19 menjadi tugas rumah yang besar bagi seluruh aspek Pendidikan. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut setiap individu untuk mengadaptasikan dirinya. Artificial Intelligence (AI) menjadi potensi yang menarik untuk dihubungkan dengan pembelajaran. Tujuan pelatihan ini yaitu a) meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam penggunaan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk pembuatan perangkat pembelajaran di sekolah; dan b) Membuat perangkat pembelajaran yang inovatif dan efektif serta pengalaman belajar yang bermakna (meaningful learning) bagi siswa berbasis Artificial Intelligence (AI) pada subjek Mata Pelajaran Matematika dan IPAS di Sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Service Learning atau SL yang melibatkan pengalaman langsung, pembelajaran akademik, dan keterlibatan Masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui enam tahapan kegiatan, yaitu: (1) persiapan kegiatan dan sosialisasi, (2) pelatihan pembuatan pembelajaran berbasis AI, (3) on job training dan asynchronous sharing, (4) melakukan pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran dengan kombinasi synchronous dan asynchronous communication, (5) evaluasi dan kontrol pekerjaan guru yang berpartisipasi, dan (6) pelaporan. Hasil yang didapat peserta mengalami peningkatan nilai kompetensi pedagogiknya dengan rata-rata nilai N-gain (peningkatan) 0,23 masih tergolong kategori rendah.

Referensi

Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 8, Issue 1).

Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I., Nana, A. S., & Teknik, J. (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Kegiatan Pembelajaran. https://doi.org/10.29313/ethos.v0i0.1693

Hanila, S., Afif Alghaffaru, M., Ekonomi, F., & Manajemen, P. (2023). Pelatihan Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perkembangan Teknologi Pada Pembelajaran Siswa Sma 10 Sukarami Kota Bengkulu. In Jurnal Dehasen Mengabdi (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.37676/jdm.v2i2.4890

Huriati, N., Fitriani, N., Kusumaning Tyas, N., Rofi, A., Nurmalia Sari, M., Rowo, J., Mijen, K., Semarang, K., Tengah, J., Muhammadiyah Sungai Penuh, S., Martadinata No, J. R., Sungai Penuh, P., Sungai Penuh, K., Sungai Penuh, K., Sains dan Teknologi Komputer, U., Majapahit No, J., & Kidul Semarang, P. (2023). The Role Of Artificial Intelligence (AI) In Developing English Language Learner’s Communication Skills. Journal on Education, 06(01), 750–757.

Lestari, S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Tik Oleh Guru Factors Affecting Teachers Use ICT. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v3i2.29

Liza Zahara, S., Ula Azkia, Z., & Minan Chusni, M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, Muh, A., & Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.

Permatasari, C. R. I., & Yunianta, T. N. H. (2021). E-Learning Artificial Intelligence Sebagai Suplemen Dalam Proses Metacognitive Scaffolding Pemecahan Masalah Integral. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 829. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3490

Rahadiantino, L., Fahmi, A., Wirawasista Aparamarta, H., Kustanti Moerad, S., & Mazharuddin Shiddiqi, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence Bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 92–101.https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1

Rahayu, S., & Al Hadi, K. (2023). Pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk keefektifan presentasi yang menarik dan komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6601

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Yuliati Zaqiah, Q., & Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2022). Deep Learning dan Penerapannya dalam Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(9). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.805

Ridoh, A., Aminuddin, F. H., Wiyoko, T., Putra, Y. I., Putra, T. A., & Azwan, M. (2024). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Digitalisasi Pembelajaran di Pendidikan Menengah Kejuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2020–2031. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5200

Serdianus, & Tjendanawangi Saputra. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. MASOKAN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2770-5

Subowo, E., Dhiyaulhaq, N., & Wahyu, I. (2022). Pelatihan Artificial Intelligence untuk Tenaga Pendidik dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI). Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.296

Widasari, E. R., Fitriyah, H., Utaminingrum, F., & Primananda, R. (2023). Pelatihan Pengenalan dan Penerapan Teknologi Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMK Negeri 5 Kota Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Informasi dan Informatika (DIMASLOKA), 2(1), 29–34.

Yu, S., & Lu, Y. (2021). An Introduction to Artificial Intelligence in Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-2770-5


Keywords  :  
Kata Kunci: Teacher Pedagogical Abilities, Artificial Intelligence (AI) Kemampuan Pedagogik Guru, Teknologi Artificial Intelligence
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-03
Cara Mengutip  :  
Wulanda, M. N., Muslimahayati, M., & Agnesa, T. (2025). PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2693
Terbitan  :