PELATIHAN ENGLISH STORY-TELLING PADA SISWA-SISWI SMP MUHAMMADIYAH PANGKALPIINANG BERBASIS HAYATUS-SAHABAH

Redika Cindra Reranta ( Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia )
Rifki Hanif Setiawan ( Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia )
Tiara Putri Safira ( Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia )
Kurnia Akbar ( Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa SMP Muhammadiyah Pangkal Pinang melalui pelatihan English storytelling berbasis Hayatus Sahabah. Program ini menggunakan kisah hidup para sahabat nabi Muhammad SAW. Sebagai bahan ajar utama untuk melatih siswa kultum dalam Bahasa inggris. Pendekatan ini memadukan pembelajaran Bahasa inggris dengan nilai-nilai islam tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, namun juga memperkuat semangat dan kepercayaan diri mereka. Metode yang digunakan  adalah pelatihan intensif  partisipatif yang meliputi tahapan pemberian materi, pengembangan cerita ajar, praktik pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan berlangsung selama enam pertemuan dan melibatkan siswa yang diseleksi melalui ujian kompetitif. Data dikumpulkan melalui observasi, dan wawancara. Analisis data menunjukkan bahwa pelatihan ini memeberikan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam struktur cerita, pengucapan,kelancaran, dan kejelasan penyampaian. Penelitian ini menunujukkan bahwa skor berbicara didepan umum siswa meningkat rata-rata 30% dibandingkan sebelum pelatihan. Selain itu siswa melaporkan peningkatan motivasi, peningkatan kepercayaan diri, dan pemahaman yang lebih mendalam tentang kisah-kisah inspiratif para sahabat nabi. Pendekatan ini juga mendorong siswa untuk secara praktis menintegrasikan keterampilan berbahasa berdasarkan nilai-nilai islam dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pelatihan ini dapat menjadi metode yang efektif untuk mengembangkan keterempilan public speaking sekaligus memperkuat nilai-nilai karakter Islami pada siswa.

Referensi

Asrita, R. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Hijir Jurnal Manajemen Kependidikan Dan Keislaman, 11(2), 159–166. https://doi.org/10.30821/hijri.v11i2.13072

Dunar, H. (2025). My Public Speaking. PT Gramedia Pustaka.

Huda, M.C. (2022). Kitab Kisah-Kisah Sahabat Nabi: 66 Kisah Inspiratif Para Sahabat Dan Sahabiyah Rasulullah. Penerbit Anak Hebat Indonesia.

Nurzaman, H. Gandana, G. & Wahidah, A.S. (2019). Developing Interactive Storytelling Model to Facilitate Young Learners’ Speaking Skills. The 2nd International Conference on Elementary Education, 2(1), 64–69.

L Schreibe dan M Hartranft. (2013). Introduction to Public Speaking (Vol. 2013). Creativecommons.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Prenadamedia Group.

Yunita, N. (2018). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Keterampilan Berbicara pada Anak Kelompok A1 TkKTaman Ananda Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 104–114. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3610

Zainal, A.G. (2022). Public Speaking Cerdas Saat Berbicara di Depan Umum. Penerbit CV Eureka Media Aksara.


Keywords  :  
Kata Kunci: Storytelling, English Prophet Companion Bercertia, Bahasa Inggris Hayatus-sahabah
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-03
Cara Mengutip  :  
Cindra Reranta, R., Hanif Setiawan, R., Putri Safira, T., & Akbar, K. (2025). PELATIHAN ENGLISH STORY-TELLING PADA SISWA-SISWI SMP MUHAMMADIYAH PANGKALPIINANG BERBASIS HAYATUS-SAHABAH. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 78–84. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2618
Terbitan  :