SOSIALISASI ETIKA PUBLIKASI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA GURU SEKOLAH DASAR DI DUSUN BANGUN HARJO

Tri Wiyoko ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Randi Eka Putra ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Mulza Rois ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Kemampuan guru dari aspek menulis, membaca dan menambah wawasan keilmuan benar-benar dituntut di era saat ini. Apabila guru tidak memiliki kemampuan untuk menulis karya ilmiah dan mempublikasikan maka dipastikan terhambat untuk kenaikan jabatan/golongan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu adanya sosialisasi etika publikasi penulisan artikel ilmiah untuk guru di Sekolah Dasar. Pelaksanaan sosialisasi ini di dusun Bangun Harjo dengan peserta bapak/ibu guru SD. Sosialisasi dilaksanakan dengan tiga tahapan; 1) Persiapan, tahap persiapan meliputi pengumpulan materi dan pembuatan materi dalam bentuk powerpoint. 2) Pelaksanaan Sosialisasi, tahapan pelaksanaan sosialisasi dengan teknik ceramah, diskusi dan tanya jawab 3) Evaluasi, tahapan ini dilaksanakan dengan memberikan angket kepada responden. Hasil sosialisasi ini menunjukkan bahwa 1) Peserta baru pertama kali mengikuti kegiatan sosialisasi etika publikasi sehingga sangat membantu di dalam penulisan karya tulis ilmiahnya, 2) Peserta merasakan adanya manfaat dari materi yang diberikan. 3) Peserta sangat puas dengan kegiatan sosialisasi ini dan bersedia untuk mengikuti sosialisasi selanjutnya.

Referensi

Kudsiyah, Siti & Harmanto. 2017. Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas VIII di SMPN 1 Jabon. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2017 hal 1-15

Tim Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud. Modul Pelatihan Teknis Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Depok: Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat Di Perguruan Tinggi.

Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Nomor 05 Tahun 2014 tentang Kode Etika Penulisan Ilmiah.

Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Nomor 04/E/2012 tentang Pedoman Karya Tulis Ilmiah.

Syaiful Sagala. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar, Bandung: Alfaveta

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Media Group

https://www.kompasiana.com/pewarisnegri/54f3ccb9745513a12b6c7f0b/10-alasan-mengapa-guru-harus-menulis


Keywords  :  
Kata Kunci: Ethics;, Publications;, Scientific Articles Etika;, Publikasi;, Artikel Ilmiah
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-02-24
Cara Mengutip  :  
Wiyoko, T., Putra, R. E., & Rois, M. (2020). SOSIALISASI ETIKA PUBLIKASI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH PADA GURU SEKOLAH DASAR DI DUSUN BANGUN HARJO. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 1, 1–7. https://doi.org/10.52060/jppm.v1i1.243
Terbitan  :