PEMBERDAYAAN SISWA MALAS, NAKAL, PELAKU DAN KORBAN BULLYING MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENULIS ASYIK REFLEKTIF

Muh. Nur Alamsyah ( Universitas Negeri Makassar, Indonesia )
Faridah Alfiyah ( Universitas Negeri Makassar, Indonesia )
Muh. Fahmi Anugerah ( Universitas Negeri Makassar, Indonesia )
Naimah Zhahratun Nabilah ( Universitas Negeri Makassar, Indonesia )
Sultan Sultan ( Universitas Negeri Makassar, Indonesia )

Abstrak

Mitra dalam program pengabdian ini merupakan siswa yang memiliki masalah perilaku, seperti kemalasan, kenakalan, dan perundungan, yang berdampak pada prestasi akademik serta hubungan sosial mereka. Sebanyak 37 siswa yang menunjukkan perilaku menyimpang, dengan 15 siswa dipilih untuk mendapat perhatian khusus karena tingkat masalah yang lebih serius. Tujuan dari program ini adalah mengubah perilaku negatif siswa menjadi lebih positif melalui pendekatan katarsis, menulis, asyik, dan reflektif. Siswa diharapkan mampu merefleksikan tindakan mereka dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya tanggung jawab pribadi dalam lingkungan sekolah. Program ini dilaksanakan melalui lima tahapan, yakni persiapan, intervensi penanganan masalah, pendampingan menulis dengan metode katarsis menulis asyik reflektif, penyusunan karya tulis berupa buku ber-ISBN, serta evaluasi menyeluruh terhadap perkembangan siswa selama program. Pelatihan dan pendampingan dilakukan dalam 15 pertemuan, baik secara langsung maupun online. Hasil program menunjukkan peningkatan kesadaran siswa akan dampak perilaku mereka, ditunjukkan dengan perubahan signifikan dalam aspek kedisiplinan, sikap positif, dan peningkatan kemampuan menulis reflektif. Siswa juga berhasil menerbitkan buku yang menginspirasi sebagai wujud nyata dari pemberdayaan melalui program ini. Pengabdian ini berhasil memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah perilaku melalui metode katarsis menulis asyik reflektif, yang tidak hanya membantu perubahan perilaku siswa, tetapi juga memberdayakan mereka melalui karya tulis yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekolah.

Referensi

Barnett, M. L., Puffer, E. S., Ng, L. C., & Jaguga, F. (2023). Effective training practices for non-specialist providers to promote high-quality mental health intervention delivery: A narrative review with four case studies from Kenya, Ethiopia, and the United States. Cambridge Prisms: Global Mental Health, 10, e26. https://doi.org/10.1017/gmh.2023.19

Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117

Insani, D. N., Arif, C., & Setiabudi, D. I. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Upaya Pendidik Membentuk Karakter Siswa Dalam Mempersiapkan Generasi Emas 2045 Berbasis Neurosains. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(1), 281–289. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i1.1125

Jayanti, E. W., & Sudrajat. (2023). Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Kenakalan Remaja di SMP N 3 Sleman. Social Studies, 8(2), 1–10.

Nurmawati, & Aghdah, H. A. (2023). Implementasi Expressive Writing Therapy Pada Siswa. CV. Penerbit Qiara media.

Sukamto, I., Salido, A., Murjainah, Yarid, H., & Muthmainnah. (2024). Bullying Mencederai Hakikat Manusia. Cv. Azka Pustaka.


Keywords  :  
Kata Kunci: Student empowerment; catharsis; writing; reflective Pemberdayaan Siswa; Katarsis; Menulis; Reflektif
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-03
Cara Mengutip  :  
Alamsyah, M. N., Alfiyah, F., Anugerah, M. F., Nabilah, N. Z., & Sultan, S. (2024). PEMBERDAYAAN SISWA MALAS, NAKAL, PELAKU DAN KORBAN BULLYING MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENULIS ASYIK REFLEKTIF. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 304–311. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i2.2410
Terbitan  :