Pelatihan PELATIHAN PELAJAR KELAS XII IPA SMA MENELITI MELALUI SAYEMBARA RISET OBAT TRADISIONAL

Gerardus Diri Tukan ( Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia )
Maximus Markus Taek ( Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia )
Gertreda Latumakulita ( Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia )
Anggelinus Nadut ( Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia )
Lodowik Landi Pote ( Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia )
Christiani Dewi Q. M. Bulin ( Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia )
Paulus Risan Funan Lalong ( Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia )

Abstrak

Siswa siswi Sekolah Menengah Atas di Indonesia, dalam perkembangan dewasa ini mempunyai tugas akhir sebelum menamatkan pendidikan jenjang pendidikan menengah atas yaitu melakukan penelitian ilmiah, menulis hasil penelitian serta mempresentasikannya. Kondisi umum menunjukkan bahwa siswa siswi masih mengalami kesulitan melakukan penelitian yang mencakup ide atau topic penelitian, langkah-langkah melakukan penelitian dan menulis hasil penelitian. Menanggapi kondisi ini maka dibuat pelatihan melakukan penelitian bagi para siswa siswi kelas XII jurusan IPA Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui sayembara riset obat tradisional dan seminar hasil penelitian. Metode yang dilakukan yaitu sayembara. Siswa siswi diajak melakukan riset, penggalangan data dan analisa data di tempat domisilinya masing-masing selama masa liburan. Hasil kegiatan yang diperoleh, sebanyak 35 siswa siswi mengikuti sayembara. Tampak bahwa para peserta menggali informasi, melakukan wawancara dengan para narasumber yakni para orang tua di kampung-kampung, kemudian menuliskan hasil kajiannya serta gambar-gambar bahan-bahan obat tradisional.  Dari hasil sayembara, digelar seminar ilmiah dengan tema; Obat Tradisional Masyarakat NTT; Kandungan Kimia dan Aktivitasnya. Diambil empat besar peserta sayembara sebagai pemateri, dan dibahas oleh pakar Kimia Bahan Alam dalam forum seminar ilmiah tersebut. Disimpulkan bahwa melalui sayembara dan seminar hasil penelitian, telah menjadi salah satu sarana untuk melatih para siswa siswi melakukan penelitian ilmiah di lingkungan hidupnya, terkait dengan obat tradisional dan mempresentasikan karya penelitiannya

Referensi

Aroka, R., Desman, D., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 9 Padang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9606–9616. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1529

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Didaktika Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, Vol. 12, No. 2. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Chrysti K, S. (2015). Pembelajaran Berbasis Riset Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Peningkatkan Ketrampilan Proses IPA Bagi Siswa SD., Prosiding Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS., 1075-1079

Firman, Nur S., Taim M. A. S. (2023). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi, Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 7 (1), 82-89 (2023). https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89

Hikmawati, Kusmiyati, Sutrio. (2019). Penerapan Lembar Kerja Eksperimen untuk Melatihketerampilan Proses Sains Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume 5No.1, Juni 2019. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1062

Pitrianti S dan Gasanti R. (2020). Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMA Terbuka. Jurnal Literasi, Vol. 4, Nomor 2, Oktober 2020. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4283

Rangkuti A. N. (2016). Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi. Batusangkar International Conference I, 15-16 October 2016

Sa’diyah I. S., Oktavia R, Bisyara R. S, Badrudin. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA. Khazanah Multidisiplin, Vol 4 No 2, https://doi.org/10.15575/kl.v4i2.28436

Sato A., Purwanto D, Rasmito A., Ramadhan S. A., 2022. Pendampingan Penelitian Ilmiah dan Pembuatan Karya Ilmiah untuk Siswa MTs Alif Laam Miim, Surabaya. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan X 2022. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Slameto, 2015, Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif., Satya Widya, Vol. 31, No.2. Desember 2015: 102-113. https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p102-112

Sulolipu, A. A., Yahya, M., Rismawanti, E., & Anas, M. (2023). Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 730–737. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.118


Keywords  :  
Kata Kunci: Research contest, traditional medicine; sayembara riset, obat tradisional
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-03-03
Cara Mengutip  :  
Tukan, G. D., Markus Taek, M., Latumakulita, G., Nadut, A., Landi Pote, L., Dewi Q. M. Bulin, C., & Risan Funan Lalong, P. (2025). Pelatihan PELATIHAN PELAJAR KELAS XII IPA SMA MENELITI MELALUI SAYEMBARA RISET OBAT TRADISIONAL . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 31–36. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2392
Terbitan  :