WORKSHOP PEMANFAATAN MEDIA ONLINE PADLET DAN KAHOOT GAME PADA GURU SD 01 ALKHAIRAT DAN SD O4 ALKHAIRAT KOTA TERNATE

In Hi Abdullah ( Universitas Khairun, Indonesia )
Hery Suharna ( Universitas Khairun, Indonesia )
Joko Suratno ( Universitas Khairun, Indonesia )
Hasan Hamid ( Universitas Khairun, Indonesia )

Abstrak

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan pada Guru-guru SD 01 dan 04 Alkhairat Kota Ternate. Tujuan dari PKM ini yakni meningkatkan kemampuan Guru SD dalam menggunakan aplikasi dalam pembelajaran di kelas. PKM ini berdasarkan pada hasil diskusi yang dilakukan pada tanggal 20 Juli 2024. Hasil kesepakatan pelaksanaan PKM tersebut yakni: (1) Melakukan sosialisasi tentang aplikasi dalam pembelajaran; (2) Mempraktekkan aplikasi Online Padlet Dan Kahoot Game dalam workshop sebagai simulasi; (3) Melakukan evaluasi dalam penggunaan aplikasi dalam pembelajaran. Solusi yang disepakati ini berdasarkan hasil identifikasi masalah yakni: (1) Pada umumnya siswa senang bila pembelajaran berbasis aplikasi terutama yang online; (2) Guru mengalami kesulitan Ketika pembelajaran berbasis aplikasi baik yang online maupun aplikasi yang offline; (3) kurangnya pengetahuan dalam penggunaan aplikasi media pembelajaran; dan (4) guru juga mengalami hambatan mengoperasikan menggunakan aplikasi terutama yang online. Solusi permasalahan tersebut perlu dilakukan dan sudah merupakan kesepakatan bersama. Rangkaian pengabdian yang dapat dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan pemanfaatan Online Padlet Dan Kahoot Game pada SD 01 dan SD 04 Alhairat Kota Ternate. PKM ini melibatkan semua mitra yakni SD 01 dan SD 04 Alkhairat Kota Ternate. Selanjutnya luaran yang diharapkan dalam PKM ini yakni: (1) Melakukan sosialisasi tentang aplikasi dalam pembelajaran; (2) Workshop Penggunaan aplikasi dan (3) Program ketiga: FGD peningkatan pengetahuan guru Online Padlet dan Kahoot Game. Pada kegiatan ini melibatkan semua guru-guru SD 01 dan SD 04 Alkhairat Kota Ternate sebanyak 26 guru.  Berdasarkan hasil evaluasi di peroleh respons “sangat baik”.

Referensi

Anviani, Rieska. 2022. “Penggunaan Aplikasi Kahoot! Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” 3(1):2723–8199. doi: 10.21831/ep.v3i1.31746.

Dewi Permata, Diah, Ajat Rukajat, and Yayat Herdiana. 2024. “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Pai Siswa Kelas Viii Pada Masa Pandemi Di SMP Negeri 3 Karang Bahagia BekasI.” 11(1). https://doi.org/10.31102/alulum.11.1.2024.1-10

Hery Suharna, Dkk. 2015. “Berpikir Reflektif Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” KNPM V.

Hidayat, Irwan, Anik Supriani, Agung Setiawan, Adyanata Lubis, Program Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Rokania, Jalan KM Raya Pasir Pengaraian, Rambah Samo, and Rokan Hulu. n.d. “Implemantasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dengan Siswa SMP Negeri 1 Kunto Darussalam.” Journal on Education 06(01).

Ismatul Aliah, Iis, and Iqbal Amar Muzaki. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab.” 6(1):18–31.

Roviati, Evi, Tadris Biologi, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kahoot Pada Materi Ruang Lingkup Biologi SMA/MA X.” Jurnal Bio Educatio 6(1):38–43. https://doi.org/10.31949/be.v6i1.2650

Sagala, Artha Uli, Dita Dewi, Safira Hutagaol, Kesy Ariani Haloho, Nurul Aini, and Tangson R. Pangaribuan. n.d. Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Belajar Sambil Bermain Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Sakdah, Maya Siti, Andi Prastowo, and Nirwana Anas. 2021. “Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):487–97. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1845. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845

Suharna, Hery, and Nurningsih Abdullah. 2020. “Kemampuan Berpikir 4C Matematika Dalam Pembelajaran Di Masa Covid-19 Terutama Di Era New Normal.” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 9(2):178–85. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2295

Sulistiyawati, Wiwik, Rijalush Sholikhin, Dian Septi Nur Afifah, and Tomi Listiawan. 2021. “Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika.” Jurnal Matematika 15(1).


Keywords  :  
Kata Kunci: Online Padlet, Kahoot Games, skills, mathematic Online Padlet, Kahoot Game, kemampuan, matematika
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-02
Cara Mengutip  :  
Abdullah, I. H., Suharna, H., Suratno, J., & Hamid, H. (2024). WORKSHOP PEMANFAATAN MEDIA ONLINE PADLET DAN KAHOOT GAME PADA GURU SD 01 ALKHAIRAT DAN SD O4 ALKHAIRAT KOTA TERNATE. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 215–220. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i2.2320
Terbitan  :