PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMANFAATAN LITERASI MULTIMODAL PADA PEMBELAJARAN
Abstrak
Pengembangan kompetensi guru merupakan hal wajib yang harus dilakukan baik dari dorongan internal maupun ekternal. Dalam upaya berkontribusi di dunia pendidikan, tim pengabdian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya menyelenggarakan pelatihan pengembangan profesionalitas guru dalam pemanfaatan literasi multimodal pada pembelajaran di SMP Negeri 27 Surabaya. Pemilihan sekolah tersebut dilakukan sebagai pengimplementasian dokumen kerjasama yang telah dibuat oleh kedua belah pihak. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu workshop yang diselenggarakan dalam 2 hari dengan tahapan (1) Analisa kebutuhan, (2) Pelatihan pertama; penyampaian materi oleh pembicara, (3) Pelatihan kedua; praktik penggunaan aplikasi, dan (4) Evaluasi; pembuatan produk oleh peserta dan dilombakan. Kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi keterampilan guru dalam mempersiapkan dan mengimplementasikan pembelajaran dengan media berbasis multimodal untuk mengakomodasi perbedaan jenis belajar siswa serta menjadikan siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran.
Referensi
Agustina, E. N. S., Sugiantoro. (2021). Pelatihan pear–deck sebagai media pembelajaran interaktif di SMP PGRI 8 Sidoarjo. Jurnal PADI: Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, 4(2), 53-60. https://doi.org/10.51836/jpadi.v4i2.302
Firmansyah, M. B. (2019). Literasi Multimodal Bermuatan Kearifan Lokal serta Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 10(1), 60-68.
Husein, S., Hamid, M. A., & Umar, M. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab On-Line Berbasis Website Wakelet pada Program Intensif Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Lisanan Arabiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 175-209. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1592
Irianti, L., Rachmawati, E., & Friatin, L.Y. (2020). Pelatihan guru-guru bahasa inggris dalam penggunaan flipped classroom model di era literasi digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 1-17. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13219
Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.
Kasturi, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Multimodal Pada Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.31219/osf.io/cvdq6
Kennedy, V. (2014). Critical, Cultural and Multimodal Approaches to Using Song as Literature in Language Learning. Libri & Liberi, 3(2), 295-310. https://doi.org/10.21066/carcl.libri.2014-03(02).0021
Nurhayati, Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Educationbagi Guru Bahasa di Kota Palembang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340
Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8975
Sulistyaningrum, R., & Hidayati, Y. M. (2021). Pemanfaatan Media Pear Deck dan Jamboard dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 5(5), 4169-4179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1296
Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruk Tivisme Dalam Pendidikan. Kanisius.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Multimodal literacy; Learning; Teacher Professionalism Literasi multimodal, Pembelajaran, Profesionalisme Guru
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-02
|
Cara Mengutip | : |
Dewi, D. N., Inayati, D., Adi, S. S., Iswahyuni, I., Gozali, A., Bagus Umam, M., … Eza Saputra, B. (2024). PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMANFAATAN LITERASI MULTIMODAL PADA PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 236–246. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i2.2073
|
Terbitan | : |