PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMANFAATAN LITERASI MULTIMODAL PADA PEMBELAJARAN

Mrs ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Mrs ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Mr ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Mrs ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Mr ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Muhammad Bagus Umam ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Mar'atus Sholikhah ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Safrina Tri Mulya Ningrum ( Universitas Brawijaya, Indonesia )
Bima Eza Saputra ( Universitas Brawijaya, Indonesia )

Abstrak

Pengembangan kompetensi guru merupakan hal wajib yang harus dilakukan baik dari dorongan internal maupun ekternal. Dalam upaya berkontribusi di dunia pendidikan, tim pengabdian Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya menyelenggarakan pelatihan pengembangan profesionalitas guru dalam pemanfaatan literasi multimodal pada pembelajaran di SMP Negeri 27 Surabaya. Pemilihan sekolah tersebut dilakukan sebagai pengimplementasian dokumen kerjasama yang telah dibuat oleh kedua belah pihak. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu workshop yang diselenggarakan dalam 2 hari dengan tahapan (1) Analisa kebutuhan, (2) Pelatihan pertama; penyampaian materi oleh pembicara, (3) Pelatihan kedua; praktik penggunaan aplikasi, dan (4) Evaluasi; pembuatan produk oleh peserta dan dilombakan. Kegiatan ini memberikan dampak yang baik bagi keterampilan guru dalam mempersiapkan dan mengimplementasikan pembelajaran dengan media berbasis multimodal untuk mengakomodasi perbedaan jenis belajar siswa serta menjadikan siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran.

Referensi

Agustina, E. N. S., Sugiantoro. (2021). Pelatihan pear–deck sebagai media pembelajaran interaktif di SMP PGRI 8 Sidoarjo. Jurnal PADI: Pengabdian Masyarakat Dosen Indonesia, 4(2), 53-60. https://doi.org/10.51836/jpadi.v4i2.302

Firmansyah, M. B. (2019). Literasi Multimodal Bermuatan Kearifan Lokal serta Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 10(1), 60-68.

Husein, S., Hamid, M. A., & Umar, M. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab On-Line Berbasis Website Wakelet pada Program Intensif Pusat Pengembangan Bahasa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Lisanan Arabiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 175-209. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1592

Irianti, L., Rachmawati, E., & Friatin, L.Y. (2020). Pelatihan guru-guru bahasa inggris dalam penggunaan flipped classroom model di era literasi digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 1-17. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13219

Ismail, M. I. (2020). Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Cendekia Publisher.

Kasturi, R. (2021). Penerapan Pembelajaran Multimodal Pada Masa Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.31219/osf.io/cvdq6

Kennedy, V. (2014). Critical, Cultural and Multimodal Approaches to Using Song as Literature in Language Learning. Libri & Liberi, 3(2), 295-310. https://doi.org/10.21066/carcl.libri.2014-03(02).0021

Nurhayati, Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Educationbagi Guru Bahasa di Kota Palembang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171-180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8975

Sulistyaningrum, R., & Hidayati, Y. M. (2021). Pemanfaatan Media Pear Deck dan Jamboard dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL BASICEDU: Research & Learning in Elementary Education, 5(5), 4169-4179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1296

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruk Tivisme Dalam Pendidikan. Kanisius.


Keywords  :  
Kata Kunci: Multimodal literacy; Learning; Teacher Professionalism Literasi multimodal, Pembelajaran, Profesionalisme Guru
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-02
Cara Mengutip  :  
Dewi, D. N., Inayati, D., Adi, S. S., Iswahyuni, I., Gozali, A., Bagus Umam, M., … Eza Saputra, B. (2024). PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DALAM PEMANFAATAN LITERASI MULTIMODAL PADA PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 236–246. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i2.2073
Terbitan  :