DESIMINASI PENGUATAN KEPENGAWASAN KEPALA SEKOLAH SUBRAYON SMPN 1 DAMPIT DAN SMPN 1 KALIPARE KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR

Hidayah Susatri ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
Amelia Kimberly Ann ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
Anis Isrofin ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
Yohanes Payong ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
João da Silva ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )
Achmad Supriyanto ( Universitas Negeri Malang, Indonesia )

Abstrak

Penguatan pengawasan pada institusi pendidikan dalam berbagai level sangat penting, salah satunya di tingkat Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP). Kepala Sekolah sebagai supervisor, wakil kepala sekolah bidang kurikulum merupakan orang-orang kunci yang akan membantu para guru dalam proses supervisi yang tepat. Menyadari kepentingan tersebut di atas maka perlu adanya pembinaan kepengawasan dari komunitas yang sejalan dengan arah penguatan kepengawasan berbasis sekolah. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan pada tanggal, 4 Mei 2024 ini adalah memberikan penguatan terkait pengawasan pada institusi pendidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Metode yang digunakan adalah memberikan pencerahan melalui pelatihan kepada para Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, serta Guru-guru dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah para kepala sekolah dan guru dapat merumuskan model kepengawasan berbasis sekolah dari berbagai model-model kepengawasan yang dapat diterapkan di masing-masing sekolah baik di sub Rayon SMPN 1 Dampit maupun sub Rayon SMPN 1 Kalipare. Dalam program ini, mereka dapat merumuskan berbagai macam model kepengawasan seperti model kepengawasan Kepemimpinan situasional, humanistik, cura personalis, supervisi pembelajaran dan efektivitas supervisi berbasis sekolah yang dapat diimplementasikan di sekolah-sekolah tersebut.

Referensi

Adames, C. A. P., Arboleda, I. F. M., & Moreno, S. E. C. (2023). The Contribution of Cognitive processing to scores in mathematics in the Third Regional Comparative and Explanatory Study. Interdisciplinary. 40(1).

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639

Ajasan, N.U. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3).

Ali, S., Fahrurrozi, H., & Efendi, M. H. (2023). Model Supervisi Akademik Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Mataram 2021-2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1110

Ametembun, N. A. (1969). Supervisi Pendidikan: Penuntun bagi Para Penilik, Kepala Sekolah dan Guru-guru. Carya Remadja. https://ci.nii.ac.jp/ncid/BA59434548.bib

Amiroh, A. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Agama Islam dalam Mengelola Kelas. Jurnal Ilmiah Promis, 1(1), 71–84.

Amri, M. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian Berbasis K-13 Melalui Supervisi Akademik. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 6(3), 601. https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.68843

Amrullah, F., Erihadiana, M., & Syah, M. (2023). Kinerja Pengawas dalam Melaksanakan Supervisi Pendidikan di Madrasah (Studi Evaluasi Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Indramayu). Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 10(3), 250–256. https://doi.org/10.31102/alulum.10.3.2023.250-256

Anderson, Robert H. (1982). Creating a Future for Supervision. Supervision of teaching, 181–190.

Andreas, S. (2018). Supervisi Akademik di Sekolah Dasar Katolik: Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP). Edum Journal, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v1i2.480

Anwar, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Di SD Negeri 41 Ampenan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.233

Anwar, B. (2020). Pendidikan Humanistik dalam Belajar. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 126. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.14469

Arifuddin, M. (2015). Profil Pengawas dan Model Kepengawasan Manajerial yang Ideal Perspektif Pengawas Madrasah Berprestasi Tingkat Jawa Tengah Tahun 2015-2016. Journal of Education Research, 2(4). http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Casalini, C. (2020). Włodzimierz Ledóchowski’s call for Cura Personalis: Humanist Roots and Jesuit Distinctiveness in Education (Wezwanie Włodzimierza Ledóchowskiego do cura personalis. Unikatowy charakter jezuickiego wychowania i jego humanistyczne korzenie). Studia Paedagogica Ignatiana, 22(4), 123. https://doi.org/10.12775/SPI.2019.4.006

Damarasih, D. (2016). Bimbingan Kolaboratif Sebagai Alternatif Supervisi Manajerial Untuk Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, vol. 12, no. 2, 2016.

Diwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 83–94. https://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/viewFile/9763/6069

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. jurnal.unigal.ac.id

Geger, B. T. (2014). Cura Personalis: Some Ignatian Inspirations. Jesuit Higher Education: A Journal, 7(2), 6–20. https://research.ebsco.com/linkprocessor/plink?id=1447c070-1bb0-3897-9890-2cdcc6b459bd

Glickman, C. D. (1981). Developmental Supervision: Alternative Practices for Helping Teachers Improve Instruction.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2001). Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. Allyn & Bacon/Longman Publishing, a Pearson Education Company.

Gonzalez, C. (2018). La Cura Personalis Como Mediación Pedagógica y Espiritual Para Una Educación Humanizadora. https://repository.javeriana.edu.co/handle/10554/39394

Hersey, P. dan Blanchard, K. (2008). Management Organizational Behavior Utilizing: Leading Human Resources. (Fifth Edition). https://www.kenblanchardbooks.com/wp-content/uploads/2017/08/Management-of-Organizational-Behavior-Read-Sample0001.pdf

Kelsey, K. (2020). Ignatian Leadership in Action: Student Tested, St. Ignatius Approved. Jesuit Higher Education: A Journal, 9(2).

Lamont, C. (1983). The Philosophy of Humanism. Science and Society, 47(2).

Mardikanto, T., dan Poerwoko. (2017). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alphabeta.

Mawardi Mawardi. (2017). Efektivitas Sekolah di Kabupaten Aceh Tengah antara Kepemimpinan Situasional dan Budaya Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 14, No 2 (2017): OCTOBER 2017, 104–113. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/view/8298/pdf

Mirčetić, V., & Vukotić, S. (2020). The Analysis of Situational Leadership Models: Origin, Divergence and Development. MEFkon 2020 INNOVATION AS AN INITIATOR OF THE DEVELOPMENT “INNOVATIONS IN THE FUNCTION OF DEVELOPMENT,” 93.

Muh Ibnu Sholeh. (2023). Pengakuan dan Reward dalam Manajemen SDM untuk Meningkatkan Motivasi Guru. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(4), 212–234. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41

Mulyadi & Fahriana, A. (2018). Supervisi Akademik: Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya. Bandung: Madani.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.

Munahar, S. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah, Upaya Meningkatkan Iklim Kerja Guru. AS-SABIQUN, 1(1).

Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru terhadap Pelaksanaan Tugas dalam Mewujudkan Tenaga Guru yang Profesional. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 2(1).

Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Pridianti, & Pricylia Wulandari, K. (2019). Interpersonal Communication Approach to School Head of Teacher Development. Proceedings of the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019). Proceedings of the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), Malang, East Java, Indonesia. https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.45

Purwanto, M. N. (2007). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Rahman, A. (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. PILAR, 12(2), 50–65.

Saifullah, S., Putra, I. N. N. A., & Heriani, H. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Kinerja Guru SMAN se-Kota Bima. Inovasi, 10(1), 58. https://doi.org/10.32493/Inovasi.v10i1.p58-70.30397

Sentana, I. K. J., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Resiliensi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 104–115.


Keywords  :  
Kata Kunci: Supervision; Situational Leadership; Humanistic Leadership; Learning Supervision; Cura Personalis Kepengawasan; Kepemimpinan Situasional; Kepemimpinan Humanistik; Supervisi Pembelajaran; Cura Personalis
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-02
Cara Mengutip  :  
Susatri, H., Kimberly Ann, A., Isrofin, A., Payong, Y., da Silva, J., & Supriyanto, A. (2024). DESIMINASI PENGUATAN KEPENGAWASAN KEPALA SEKOLAH SUBRAYON SMPN 1 DAMPIT DAN SMPN 1 KALIPARE KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(2), 289–297. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i2.2051
Terbitan  :