PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK PADA GURU KKG BUNGO DANI

Diana Oktavia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Nur Habibah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Winda Trisnawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Levandra Balti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Rahayu Sartika ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Program pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh penerapan kebijakan kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Penerapan kurikulum ini menggarisbawahi implementasi pengajaran Bahasa Inggris di SD. Berdasarkan penelitian need analysis yang dilaksanakan, ditemukan bahwa SD di Kecamatan Bungo Dani masih sangat membutuhkan pembinaan dan pendampingan dalam pengajaran dan persiapan pengajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak. Pelatihan pengembangan media pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak ini dilaksanakan untuk membantu persiapan guru-guru dalam pengajaran Bahasa Inggris di sekolah. Pelatihan yang diikuti oleh 25 guru SD ini memperkenalkan beberapa applikasi game yang bisa dimanfaatkan sebagai media ajar Bahasa Inggris kepada anak-anak serta mengajarakan cara pemanfaatannya. Dengan diadakannya pelatihan ini, guru-guru memiliki refrensi baru untuk pengembangan media ajar.

Referensi

Habibah, N., & Oktavia, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Smart Digital Book “Belajar dan Pembelajaran”. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 340-346.

Hartono, R. (2016). Indonesian EFL teachers' perceptions and experiences of professional development. Indiana University of Pennsylvania.

Kariyati, A., & Kusumaningrum, I. (2021). Development of the Wordwall Game for Learning Mandarin Vocabulary For Grade VI Elementary School. International Journal of Educational Dynamics, 4 (1), 101-107.

Moon, J. (2005). Teaching English to young learners: The challenges and the benefits. Retrieved on February 20th, 2014 from WWW. Teaching English to Young Learners.

Oktavia, D., Habibah, N., Balti, L., & Kurniawan, R. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar: Need Ansalisis Study. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 257–265.

Oktavia, D., & Lestari, R. (2022). Students’ Perception on Learning Speaking English by Using English Domino Games: The Case of a Private University. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 6(1), 28-42.

Pramono, A., Puspasari, B. D., & Dhanti, N. S. (2021). Character Thematic Education Game" AK@R" of Society Themes for Children with Malang-Indonesian Visualize. International Journal of Instruction, 14(2), 179-196.


Keywords  :  
Kata Kunci: Teaching media, English for Young Learner, Teacher, KKG Media Ajar, Bahasa Inggris, Guru, KKG
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-14
Cara Mengutip  :  
Oktavia, D., Habibah, N., Trisnawati, W., Balti, L. ., & Sartika, R. . (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK PADA GURU KKG BUNGO DANI . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 189–193. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1915
Terbitan  :