EDUKASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN DAN PEMASARAN BATIK DESA PURWO BAKTI
Abstrak
Industri batik di Desa Purwo Bakti, Jambi, memiliki potensi besar untuk berkembang. Namun, para pengrajin batik masih terkendala dalam memasarkan produk mereka secara luas. Edukasi digital marketing bertujuan untuk membekali para pengrajin batik dengan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan platform digital untuk memasarkan produk mereka. Edukasi dilakukan dengan metode pelatihan dan pendampingan. Materi pelatihan meliputi: Pengenalan platform digital, teknik pembuatan konten yang menarik, strategi pemasaran digital. Setelah mengikuti edukasi, para pengrajin batik mampu: membuat akun dan mengelola platform digital, membuat konten yang menarik untuk mempromosikan produk batik, menjalankan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan sosial media Facebook, Whatsapp dan Instagram.
Referensi
Budiarta, I G M, and I N Sila. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Coreldraw Sebagai Media Pembelajaran Pada Kuliah Desain Komunikasi Visual Prodi Pendidikan Seni Rupa ….” Jurnal Pendidikan Seni Rupa … 12(2): 115–28. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/download/49230/22273.
Destrina, Aulia Afra, Galvin Christian Lukyanto, Mentari Clara, and Dewanti Siti. 2022. “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM Rajutan BKL Bismo.” Pengabdian pada Masyarakat: 1473–78.
Effendi, N., Yanti, V.Y., Afriyani, R.A., & Nelvia, R. (2023). PENINGKATAN PENDAPATAN MELALUI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING KELOMPOK WANITA PENGRAJIN BATIK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri).
Gunawan, Barbara, and Yordan Gunawan. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Pemasaran Batik Di Lendah Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 4(1): 204–15.
Jundrio, Harry, et al. Bisnis Digital. Eureka Media Aksara, 2023
Ramadhani, Muhammad Fajar, History Artikel, and Kecamatan Mojo. 2021. “ABDIPRAJA ( Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ) STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING PADA KERIPIK PISANG BANNA-QU.” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 2(2): 153–58.
Sagita, Gita, and Zeffanya Raphael Wijaya. 2022. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07.” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen 1(3): 24–31.
https://purwobakti.desa.id/artikel/2020/4/14/profil-desa
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
Keywords | : |
Kata Kunci:
Batik, Brand Logo, Digital Marketing Batik, Logo Merek, Pemasaran Digital
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-03-23
|
Cara Mengutip | : |
Yanti, V., Afriyani, R., Risman, A., Putra, Y., & Azzahra, C. (2023). EDUKASI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENGEMBANGKAN DAN PEMASARAN BATIK DESA PURWO BAKTI . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 194–201. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1875
|
Terbitan | : |