STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN DAN PEMBUKUAN PADA UMKM RISOL MAYO “CAK GENDUT”

Indra Puji Astuti ( Universitas PGRI Madiun )
Andy Febri Alexander ( Universitas PGRI Madiun )
Devi Citra Mayasari ( Universitas PGRI Madiun )

Abstrak

Persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangat ketat sehingga membuka usaha sendiri menjadi alternatif dalam memilih mata pencaharian. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor ekonomi sosial yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Namun masalah yang dihadapi oleh usaha Risol Mayo “CAK GENDUT” ataupun industri kecil kebanyakan adalah sumber modal, tenaga kerja, bahan baku pengolahan industri dan pemasaran. Pengabdian masyarakat ini terkait pendampingan UMKM pada jenis makanan camilan Risol Mayo diharapkan dapat memberikan solusi UMKM. Metode praktis yang digunakan dalam program pendampingan ini adalah metode observasi dan wawancara. Terdapat program pendampingan pencatatan laporan keuangan. Program yang dilakukan adalah pendekatan manajemen terkait jam kerja yang dibuat secara terstruktur dengan waktu ≤ 4 minggu, memanfaatkan sosial media, jasa antar dengan pembelian minimal Rp.20.000,00 serta inovasi kupon hadiah sehingga pemesanan tidak hanya dilakukan secara konversional saja dan komunikasi sangat baik antara pendamping dan mitra dalam mencapai tujuan pendampingan. Diharapkan para pelaku UMKM dapat menerima perubahan teknologi informasi dengan begitu cepat. Untuk pelaku UMKM disarankan lebih gencar berinovasi dalam hal pemasaran untuk menarik konsumen.

Referensi

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 2022. Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan. Tersedia pada tautan https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkmmelaluiberbagai-bentuk-bantuan/ diakses pada tanggal 28 November 2023.

Mubyarto. 2015. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit LP3S, Jakarta

Sari, C.T., Indriani, E. 2017. Pentingnya Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok Umkm Kub Murakabi Desa Ngargoyoso. Wasana Nyata (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat). Volume 1, Nomor 1. ISSN Online: 2580-8443 ISSN Print: 2747-2876

Suryana. 2013. Ekonomi Keatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Tambunan, M. R. 2013. Pedoman Penyusunan Standard Operating Prosedur. Jakarta: Penerbit Maiesta Publisher.


Keywords  :  
Kata Kunci: Finance, Social Media, Marketing, MSMEs Keuangan, Media Sosial, Pemasaran, UMKM
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-06
Cara Mengutip  :  
Indra Puji Astuti, Andy Febri Alexander, & Devi Citra Mayasari. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN DAN PEMBUKUAN PADA UMKM RISOL MAYO “CAK GENDUT” . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 172–178. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1866
Terbitan  :