PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD NEGERI 123/II TEBAT PELEPAT DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Tri Wiyoko ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Dedek Helida Pitra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Fino Risqi Aryana ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru di SD SD Negeri 123/II Tebat Pelepat dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hal ini perlu dilakukan karena minimnya fasilitas yang diperoleh guru di sekolah tersebut untuk mempelajari lebih dalam terkait dengan kurikulum Merdeka. Kegiatan dilakukan dengan memberikan workshop secara praktis dengan teknik ceramah, simluasi dan diskusi yang bertempat di kantor Korwil VII Pelepat. Hasil kegiatan ini ini memberikan dampak yang baik terhadap guru di SD Negeri 123/II Tebat Pelepat. Guru yang ikut dalam kegiatan mendapatkan wawasan pengatahuan terkait dengan profil pelajar Pancasila, model pembelajaran Discovery Learning, dan model pembelajaran Problem Based Learning. Pengetahuan yang didapatkan oleh guru dapat meningkatakan kompentensi guru yang dapat mempengaruhi kesiapan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. dengan demikian guru lebih siap untuk melaksanakan proses pembelajaran di kurikulum Merdeka.

Referensi

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning : Apa dan Bagaimana. 3(1), 27–35.

Arends. (2007). Model Pembelajaran Problem Based Learning. In Bumi Aksara.

KemendikbudRistek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Muslimah, M. (2020). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1471–1479. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. In Kencana.

Suwastini, N. M. S., Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v4i1.732


Keywords  :  
Kata Kunci: Competencies, Elementary School Teachers, Kurikulum Merdeka kompetensi, Guru SD, Kurikulum Merdeka
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-06
Cara Mengutip  :  
Wiyoko, T., Helida Pitra, D., & Risqi Aryana, F. (2024). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD NEGERI 123/II TEBAT PELEPAT DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 136–142. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1853
Terbitan  :