PENYULUHAN MEDIA BANNER BERBASIS SEJARAH LOKAL RUMAH KAMPUNG ARAB PALEMBANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Dewi Setyawati ( Universitas Muhammadiyah Palembang )
Apriana Apriana ( Universitas Muhammadiyah Palembang )
Yuliarni Yuliarni ( Universitas Muhammadiyah Palembang )
Heryati Heryati ( Universitas Muhammadiyah Palembang )
Nur Ramadhan ( Universitas Muhammadiyah Palembang )
Wendy Anugrah Octavian ( Universitas Muhammadiyah Palembang )

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat guru sejarah dalam membuat media terutama mata Pelajaran Sejarah. Selain itu juga rendahnya minat dan motivasi belajar siswa terutama Sejarah Lokal. Selama ini guru dalam melaksanakan pembelajaran cenderung tidak menggunakan media sebagai alat bantu dalam menyampaiakan materi pembelajaran, sehingga pembelajaran bersifat verbalisme, ditambah anggapan siswa terhadap pelajaran Sejarah bagi sebagian siswa masih dianggap sebagai pelajaran yang relatif sulit.  Oleh karena itu maka perlu kiranya untuk membuat suatu kondisi pembelajaran yang dapat mengakrabkan Sejarah dengan lingkungan anak, salah satunya adalah dengan melakukan pembelajaran dengan menggunakan media Banner . Kegiatan pengabdian ini betujuan untuk memberikan edukasi kepada Guru SMA YWKA Kota Palembng untuk meningkatkan profesionalismenya sebagai Guru Sejarah di SMA YWKA Palembang. Kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada guru tentang pentingnya merancang media pembelajaran yang menarik berupa Banner dengan menggunakan sumber keunggulan lokal yang ada di Kota Palembang. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan pada kegiatan ini yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi, serta praktik pembuatan media Banner. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan edukasi kepada Guru SMA YWKA Kota Palembang memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam menghasilkan media pembelajaran Banner berbasis sejarah lokal Rumah Kampung Arab di Kota Palembang.   

Referensi

Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia, 2(1), 30–35.

Afni, Nur. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bajugan Pada Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Melalui Metode LSQ (Learning Start With a Quation). Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 10.

Akib (1975).Sejarah dan Kebudayaan Palembang : Rumah adat limas Palembang , Palembang

Berita Penelitian Arkeologi. (2006) Pemukiman Kelompok Etnis Arab Sejarah Perkembangan Pemukiman Kota Palembang Pasca Masa Sriwijaya, (Palembang: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata Balai Palembang

Efriani, E., Dewantara, J. A., & Afandi, A. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online. JTIP: Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 61–65.

Fimansyah, W., & Kumalasari, D. (2015). Penanaman nilai-nilai nasionalisme melalui pembelajaran sejarah di SMA Kebangsaan Yogyakarta. ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 11(1).

Jumhari. (2010) Sejarah Sosial Orang Melayu Keturunan Arab. Padang: BPSNT Padang Press.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 286–291.

Purwanti, Retno. (2009) .Perubahan Pola Pemukiman Masyrakat Palembang dalam Perspektif Arkeologi. Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam/ Volume IV/Nomor 2. (109 110)

Winkel, W.S.(1996). Psikologi Pengajaran.Jakarta: PT Grasindo.


Keywords  :  
Kata Kunci: Local History, Extension, Media, Banner Sejarah lokal, Penyuluhan. Media,Banner, Sejarah Lokal, Penyuluhan, Media, Banner
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-01
Cara Mengutip  :  
Setyawati, D. ., Apriana, A., Yuliarni, Y., Heryati, H., Ramadhan, N., & Octavian, W. A. (2024). PENYULUHAN MEDIA BANNER BERBASIS SEJARAH LOKAL RUMAH KAMPUNG ARAB PALEMBANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 71–76. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1826
Terbitan  :