BIMBINGAN TEKNIS PENGUATAN AKREDITASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD AISYIYAH SE KOTA KENDARI

Nurlina Nurlina ( Universitas Muhammadiyah Kendari )
Asrul Asrul ( Universitas Muhammadiyah Kendari )
Halima Halima ( Universitas Muhammadiyah Kendari )

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini dengan memberikan bimbingan teknis kepada pendidik dan tenaga kependidikan. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mendalam terkait proses akreditasi, meningkatkan keterampilan praktis dalam menyusun dokumen-dokumen akreditasi, dan merancang perbaikan manajemen yang berdampak positif pada keseluruhan proses evaluasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap monitoring dan evaluasi. Dengan kolaborasi ini, diharapkan para pendidik dan tenaga kependidikan dapat menghadapi dan menjalani proses akreditasi dengan lebih baik, memberikan kontribusi positif pada mutu pendidikan, dan menciptakan perubahan yang berkelanjutan di lingkungan PAUD. Diharapkan melalui upaya ini, akan memberikan bantuan kepada pendidik dan tenaga kependidikan serta meningkatkan pemahaman tentang instrumen persiapan akreditasi, sehingga lembaga dapat mencapai nilai akreditasi unggul dalam setiap penyelenggaraan asesmen akreditasi.

Referensi

Ahmad, A., and R. P. Sari. 2021. “Penguatan SKB Kota Malang Melalui Penilaian Akreditasi.” Seminar Nasional Peta Jalan Pendidikan Dan … (1):1–5.

Akbar, M. Fikri, Fery Hendi Jaya, and Rosmaria Duwikola. 2020. “Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kakak Tunas Cedikia Gedong Tataan Pesawaran Lampung.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):467–74. doi: 10.24967/psn.v1i1.866.

Alqadri, Bagdawansyah, Mohamad Mustari, Muh Zubair, and Lalu Sumardi. 2023. “Bimbingan Teknis Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Unwanul Falah NW Paok Lombok.” Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia 2(2):71–75. doi: 10.29303/jpimi.v2i2.2854.

Aminah, Siti, and Reni Amiliya. 2021. “Analisis Kesiapan Dan Kesulitan Lembaga PAUD Dalam Menghadapi Akreditasi Melalui Pendampingan Akreditasi BAN PAUD Di TK Islam Al-Madinah Kota Dumai.” Al-Abyadh 4(1):1–15.

Asopwan, Didin. 2018. “Studi Tentang Akreditasi Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 2(2):264–71.

Idhayani, Nurul, Nurlina Nurlina, Risnajayanti Risnajayanti, Halima Halima, and Bahera Bahera. 2023. “Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini : Pendekatan Kearifan Lokal Dalam Praktik Manajemen.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(6):7453–63. doi: 10.31004/obsesi.v7i6.5624.

Indrawan, Irjus. 2020. “Pelaksanaan Kebijakan Akreditasi PAUD.” MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 3(01):46–54. doi: 10.46963/mash.v3i01.116.

Mahardhika, Renna Ethania. 2020. “Manajemen Dalam Akreditasi Di Satuan Pendidikan Non Formal Skb Kota Malang.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1:1–7.

Nasution, Revi Hervita Suryani. 2020. “Implementasi Akreditasi Satuan PAUD Di Kota Padangsidimpuan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nurlina, Diding Nurdin, and Eka Prihatin. 2023. “Strategi Peningkatan Daya Saing Melalui Program Pembelajaran Berbasis Pendidikan Islam.” Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia 7(5):6052–64. doi: 10.31004/obsesi.v7i5.4660.

Setiawan, Farid. 2020. Muhammadiyah Mencerdaskan Anak Bangsa. Yokyakarta: UAD Press.

Usman, Jamiludin, Danang Prastyo, Denok Dwi Anggraini, Nisa’el Amala, Ardhana Reswari, Selfi Lailiyatul Iftitah, Luthfatun Nisa’, Rasidi Rasidi, Thorik Aziz, Alfarobi Ahmad Sulaiman, and Mudrikatul Amaniyah. 2022. “Pelatihan Pengelolaan Dokumen Untuk Pengajuan Akreditasi Lembaga Raudlatul Athfal Se-Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 10(2):135–52. doi: 10.36052/andragogi.v10i2.298.


Keywords  :  
Kata Kunci: Technical Guidence, Accreditation, Educators, Education Persona Bimbingan Teknis, Akreditasi, Pendidik, Tenaga Kependidikan
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-01
Cara Mengutip  :  
Nurlina, N., Asrul, A., & Halima, H. (2024). BIMBINGAN TEKNIS PENGUATAN AKREDITASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PAUD AISYIYAH SE KOTA KENDARI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 77–85. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1821
Terbitan  :