AKTIVASI PERAN HUMOR SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF: SEBUAH PENDEKATAN DIGITAL HUMANITIES DI PERGURUAN TINGGI
Abstrak
Digital humanities adalah sebuah disiplin ilmu interdisipliner yang menggabungkan antara teknologi digital dan humaniora. Digital humanities dapat berkontribusi dalam meningkatkan pembelajaran dan pengajaran di bidang pendidikan melalui penggunaan teknologi digital yang relevan dengan konteks budaya dan lingkungan belajar. Implementasi pendekatan digital humanities dalam konteks pendidikan juga dapat dilakukan dengan berbagai bentuk salah satunya dengan penggunaan humor, terutama untuk meningkatkan atensi dan partisipasi pembelajar dalam proses belajar. Tim pengabdian kepada masyarakat dari Program Studi S-1 Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya, membawa topik ini dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dengan melibatkan kerja sama dengan mitra Prodi yakni Institut Humor Indonesia Kini 3 (IHIK3), sebuah pusat kegiatan humor di Indonesia yang mengelola humor secara ilmiah dan profesional berbasis pengalaman, ilmu pengetahuan dan riset yang komprehensif. Bentuk pengabdian berupa pelatihan metode humor yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta bagaimana strategi-strategi yang akan digunakan. Mitra sasaran partisipan untuk kegiatan ini adalah para pengajar di berbagai perguruan tinggi di Malang Raya yang tergabung dalam Linguistics and Literature Association (LITA) . Pelaksanaan pengabdian ini diharapkan akan memberi kontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.
Referensi
Alfiansyah, D. W., & Parmin. (2021). Bentuk humor dan fungsi pendidikan dalam kumpulan cerpen Republik Rakyat Lucu karya Eko Triono. Bapala, 8(06), 224-231.
Bettinghaus, E. P., & Cody, M. J. (1994). Persuasive Communication (5th ed.). Cengage Learning.
Bieg, S., & Dresel, M. (2018). Relevance of perceived teacher humor types for instruction and student learning. Social Psychology of Education, 21(4). https://doi.org/10.1007/s11218-018-9428-z
Bode, K. (2018). A World of fiction: digital collections and the future of literary history. Michigan: University of Michigan Press.
Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Gold, M. K. (Ed.). (2012). The Digital Humanities Moment: Debates in the Digital Humanities. Minnesota: University of Minnesota Press.
McPherson, T. (2012). Why are the digital humanities so white? or thinking the histories of race and computation. In M. K. Gold (Ed.), Debates in the Digital Humanities (pp. 139-160). Minnesota: University of Minnesota Press.
Şahin, S. (2021). Humor use in school settings: The perceptions of teachers. SAGE Open, 11(2). https://doi.org/10.1177/21582440211022691
Tosepu, Y. A. (2014). Humor, Dosen dan Pembelajaran. Retrieved from https://www.academia.edu/44244830/HUMOR_DOSEN_DAN_PEMBELAJARAN
Wagner, Manuela Maria., & Urios-Aparisi, Eduardo. (2011). The use of humor in the foreign language classroom: Funny and efective?. Humor: International Journal of Humor Research. 24–4 (2011), 399–434. DOI 10.1515/HUMR.2011.024
Keywords | : |
Kata Kunci:
Digital Humanities, Humor, Pengajaran Dengan Humor
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-01
|
Cara Mengutip | : |
Purwaningtyas, I., Fatimah, F., Hapsari, D. E., & Wulandari, I. . (2024). AKTIVASI PERAN HUMOR SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF: SEBUAH PENDEKATAN DIGITAL HUMANITIES DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 20–27. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1805
|
Terbitan | : |