MEMAHAMI TUGAS PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Ananda Rachmaniar ( Universitas Masoem )
Realudin Ainun Zanzabil ( Universitas Masoem )

Abstrak

Hal yang melatar belakangi dilakukannya pengabdian masyarakat ini adalah  rendahnya pengetahuan orangtua terhadap tugas-tugas perkembangan yang perlu dicapai oleh anak pada usia dini serta rendahnya pemahaman tentang bagaimana cara memberikan stimulus pada anak usia dini yang terlambat dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya. Metode yang digunakan adalah metode PAR (Participatory Action Research), yang terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Hasil yang diperoleh adalah orangtua dan para kader posyandu memperoleh ilmu pengetahuan mengenai karakteristik anak usia dini; tugas-tugas perkembangan anak usia dini; dan pentingnya tugas perkembangan itu dilalui dengan baik, orangtua dan para kader posyandu menjadi lebih memahami bagaimana memberikan stimulus dan juga menerapkan pola asuh kepada anak usia dini, serta terciptanya hubungan komunikasi dan pola asuh yang lebih baik dalam menangani anak usia dini.

Referensi

Threshold of Population Ageing. Jakarta: UNFPA.

Baker-Henningham, H., & López Bóo, F. (2021). Early Childhood Stimulation Interventions in Developing Countries: A Comprehensive Literature Review. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1700451

Faizah, R. N., Ismail, I., & Kurniasari, N. D. (2024). Peran Kader Posyandu dalam Penurunan Angka Stunting. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Keluarga, 6(1), 877–889. https://doi.org/10.47476/assyari.v6i1.5738

Nurin Ainistikmalia. (2019). Determinan Penduduk Lanjut Usia Perempuan dengan Status Ekonomi Rendah di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan (JIET), 4(2), 17–35. https://e-journal.unair.ac.id/JIET/issue/view/1183

Santrock, J. W. (1998). Child Development. Boston: Mc.Graw Hill Companies.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup) Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Yenawati, S. (2010). STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK Sri Yenawati Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, III(1), 121–130.


Keywords  :  
Kata Kunci: Developmental Tasks, Early Childhood Tugas Perkembangan, Anak Usia Dini
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-05
Cara Mengutip  :  
Rachmaniar, A., & Zanzabil, R. A. . (2024). MEMAHAMI TUGAS PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 93–96. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1803
Terbitan  :