PENERAPAN MEDIA SEJARAH LOKAL NILAI FILOSOFIS BANGUNAN RUMAH KAMPUNG ARAB 13 ULU DI SMA YWKA PALEMBANG
Abstrak
Hal yang melatar belakangi dilakukannya pengabdian masyarakat ini adalah rendahnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah. Rendahnya motivasi belajar peserta didik terutama pada pembelajaran Sejarah lokal mengakibatkan peserta didik malas untuk belajar Sejarah. Kemudian kurangnya media yang berbasis sejarah lokal yang dibuat Guru Sejarah. Selain itu adalah untuk menguatkan karakter siswa melalui Media berupa Banner nilai Filosofis Bangungan Rumah Kampung Arab 13 Ulu Palembang di SMA YWKA Palembang. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pertama, melakukan persiapan awal mulai dari pengadministrasian ,kedua melaksanakan pemaparan materi atau penjelasan-penjelasan sesuai materi dan memberikan Media Banner yang tersedia, ketiga, melakukan revew intensif dengan pemahaman kepada seluruh peserta. Kemudian evaluasi kegiatan dari awal sampai akhir dengan memastikan semua peserta dapat memahami apa yang disampaikan kepada pemateri hingga penerapannya. Diharapkan dengan meyumbangkan materi dan media banner ini, Guru Sejarah di SMA YWKA Palembang dapat menerapkan kepada siswa-siswi di Sekolah tersebut untuk meningkatkan minat belajar sejarah lokal dan penguatan karakter siswa-siswi.
Referensi
Afni, Nur. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Bajugan Pada Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Melalui Metode LSQ (Learning Start With a Quation). Jurnal Kreatif Tadulako Vol. 4 No. 10.
Akib. (1975). Sejarah dan Kebudayaan Palembang: Rumah Adat Limas Palembang. Palembang
Berita Penelitian Arkeologi. (2012) Pemukiman Kelompok Etnis Arab Sejarah Perkembangan Pemukiman Kota Palembang Pasca Masa Sriwijaya, (Palembang: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Badan Pengembangan Sumber Daya Kebudayaan dan Pariwisata Balai Palembang
Hasbullah. (2006). Dasar-dasar ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Jumhari. (2010) Sejarah Sosial Orang Melayu Keturunan Arab. Padang: BPSNT Padang Press.
Mudyahardjo. (2013). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Novita, Aryandini. (2007). Alkuturasi di Situs Almunawar”. Siddhayatra/ Volume 12/Nomor 2. (1).
Purwanti, Retno. (2009). Perubahan Pola Pemukiman Masyrakat Palembang dalam Perspektif Arkeologi. Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, Volume IV No 2. (109 110)
Sholeh, K. (2017). Nilai-Nilai Situs Bersejarah di Sumatera Selatan Sebagai Penguat Karakter di SMK PGRI Lahat, Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 02 No. 03, September-Desember 2019 hal. 235-245
Wienty Triyuly, (2008). Pola Perkembangan Permukiman Kampung Assegaf Palembang Palembang: UNSRI.
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran.Jakarta: PT Grasindo.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Sejarah Lokal, Kampung Arab, Nilai Filosofis, Media Banner Local history, Arab Village, Philosophical Values, Media Banner
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-05
|
Cara Mengutip | : |
Setyawati, D. ., Fatmah, F., Nurhayati, N., Rusdiana, Y. T. ., & Sari , D. P. . (2024). PENERAPAN MEDIA SEJARAH LOKAL NILAI FILOSOFIS BANGUNAN RUMAH KAMPUNG ARAB 13 ULU DI SMA YWKA PALEMBANG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 107–114. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1782
|
Terbitan | : |