PELATIHAN PELAYANAN PELANGGAN BAGI PEGIAT ASURANSI DI P.T. MSIG INDONESIA, JAKARTA
Abstrak
Pelayanan pelanggan bagi sebuah institusi bisnis dalah sebuah keharusan. Untuk itu PT MSIG Indonesia bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Darma Persada melakukan rangkaian pelatihan yang bertujuan memberikan pelayanan maksimal bagi pelanggan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan selama dua hari dan melibatkan empat puluh orang karyawan. Kegiatan dimulai dari penjaringan pendapat terkait kebutuhan karyawan. Sebanyak 85.7 % karyawan sepakat diadakan pelatihan dan 14.3 % mengusulkan diadakan gathering. Atas suara terbanyak maka kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan bagi karyawan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan focus group discussion (FGD) dan membuat strategi pengembangan diri karyawan sebagai seorang pegiat asuransi. Ada lima element penting bagi peningkatan kepuasan pelanggan yaitu pertama reliabilitas yaitu menjadikan pelanggan percaya dan yakin pada kemampuan pegiat asuransi. Kedua adalah assurance yaitu pegiat asuransi harus mampu menjelaskan capaian yang diraih perusahaan dan menyampaikannya pada pelanggan. Ketiga adalah tangible yaitu mampu memberi layanan yang kongkrit dan bermanfaat. Keempat adalah empati yaitu mampu memahami kondisi pelanggan dan terakhir adalah responsiveness yaitu bertanggung jawab terhadap semua permasalahan pelanggan. Kelima sikap ini menjadi dasar bagi karywan bertindak dan bersikap dalam menghadapi pelanggan.
Referensi
Akbar, R. N., Arifin, Z., & Sunarti. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terahdap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Nasabah Prioritas PT. AIA Financial cabang Malang, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), VII(1), 94–109.
Astari Sekarwati, R. A., & Suparto, S. (2020). Perlindungan Konsumen Untuk Memperoleh Hak Layanan Purna Jual Di Indonesia Dan Eropa. Jurnal Bina Mulia Hukum, 5(2), 275–290. https://doi.org/10.23920/jbmh.v5i2.152
Bidayasari, S. (2019). Urgensi Kemampuan Komunikasi Interpersonal Yang Baik Antara Stakeholder Dan Pustakawan Di Perpustakaan Umum. Jurnal Pustaka Ilmiah, 4(2), 694. https://doi.org/10.20961/jpi.v4i2.33728
Chege, C. (2022). Influence of service assurance on customer satisfaction across Kenyan insurance companies: A multi-level data analysis approach. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 11, 35–49. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i8.1915
Hidayatina, H. (2016). Ketentuan Premi Asuransi Sebagai Jaminan Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah. JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 14(2), 119. https://doi.org/10.31958/juris.v14i2.302
Kaňovská, L. (2010). Customer services: A part of market orientation. Economic and Management, 15.
Närvänen, E., Kuusela, H., Paavola, H., & Sirola, N. (2020). A meaning-based framework for customer loyalty. International Journal of Retail and Distribution Management, 48(8), 825–843. https://doi.org/10.1108/IJRDM-05-2019-0153
Omar, H., Saadan, D., & Seman, P. (2015). Determining the Influence of the Reliability of Service Quality on Customer Satisfaction: The Case of Libyan E-Commerce Customers. International Journal of Learning and Development, 5, 86. https://doi.org/10.5296/ijld.v5i1.6649
Sheth, J. N., Jain, V., & Ambika, A. (2023). The growing importance of customer-centric support services for improving customer experience. Journal of Business Research, 164, 113943. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.113943
Suhandi, D. Y., Ibrahim, M. Y. ;, & Budjang, G. (2013). Efektivitas penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3129/3139
Suharto, Nurmarlina, S. L., & Septiana, N. (2021). Measurement of Customer Satisfaction Using Operational Reliability and Responsiveness to Customers of KPPS BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional. 17(02), 82–92. http://www.fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JA
Sutedjo, F. C., & Widiawan, K. (2006). Kualitas Layanan Beberapa Perusahaan Asuransi Di Surabaya. Jurnal Teknik Industri, 7(2), 160–167. https://doi.org/10.9744/jti.7.2.160-167
Suyani, Y. E., & Secapramana, V. H. (2021). Personal Selling dan Minat Beli di Industri Asuransi. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(4), 482–501. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i4.3283
Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089
Widiyati. (2019). Focus Group Discussion (Fgd) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kompetensi Ketenagakerjaan Pe-Serta Didik Di Smp N 7 Purworejo. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 146–153.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Assessment, Group discussion, Development strategy, Insurance, Customer service Assessment, Diskusi kelompok, Strategi pengembangan, Asuransi, Pelayanan pelanggan
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-06
|
Cara Mengutip | : |
Rahim, D. A., Citarayani, I. ., Damhudi, D., & Sukardi, S. (2024). PELATIHAN PELAYANAN PELANGGAN BAGI PEGIAT ASURANSI DI P.T. MSIG INDONESIA, JAKARTA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 121–127. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1778
|
Terbitan | : |