PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU IPA DAN BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS GUIDED INQUIRY - TPACK
Abstrak
Pembelajaran di era revolusi 4.0 menuntut kompetensi pendidik yang dapat menguasai teknologi dan pemanfaatannya dalam proses belajar mengajar. Teknologi dalam proses belajar mengajar dapat membantu memvisualisasikan materi serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) merupakan sebuah kerangka kerja dalam mendesain model pembelajaran baru dengan menggabungkan tiga aspek utama yaitu teknologi, pedagogi, dan konten (materi pengetahuan). Pengembangan bahan ajar dengan mengintegrasikan materi, model pembelajaran, dan teknologi menjadi kompetensi yang penting dikuasai oleh pendidik sebagai upaya adaptasi terhadap perkembangan revolusi industri 4.0. Bahan ajar perlu diintegrasikan dengan model pembelajaran tertentu sebagai basis kegiatan siswa. Model pembelajaran guided inquiry menjadi salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan ruh pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil observasi awal dan beberapa penelitian terdahulu, masih belum banyak guru yang mengembangkan bahan ajar berbasis guided inquiry–TPACK. Solusi yang ditawarkan adalah dengan mengadakan pelatihan tentang pengembangan modul ajar berbasis guided inquiry-TPACK. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 19 Juli 2022 dengan peserta sebanyak 21 orang dari berbagai instansi. Kegiatan dilaksanakan secara daring synchronous melalui zoom untuk penyampaian materi dan secara asynchronous melalui Schoology untuk kegiatan praktik penyusunan bahan ajar. Hasil dari kegiatan ini adalah dokumen bahan ajar elektronik yang disusun oleh peserta pelatihan dengan mengintegrasikan TPACK dan kegiatan pembelajarannya berbasis guided inquiry. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi pedagogi guru.
Referensi
Agustina, A. (2018). Upaya Menerapkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar Di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal Educative, 3(1), 19. https://www.researchgate.net/publication/332096584_Menerapkan_Penggunaan_Bahan_Ajar_Bagi_Guru_Di_SMA_Negeri_3_Ogan_Komering_Ulu
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809
Budiono, E., & Susanto, H. (2006). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana pada Kelas X Semester 1 SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 79–87. https://doi.org/10.1139/y72-052
Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT, 1–6. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/1674/1068
Fazilla, S., Yus, A., & Muthmainnah, M. (2022). Digital Literacy and TPACK’s Impact on Preservice Elementary Teachers’ Ability to Develop Science Learning Tools. Profesi Pendidikan Dasar, 9(1), 71–80. https://doi.org/10.23917/ppd.v9i1.17493
Hatta, M. (2018). Empat Komptensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru (Amka (ed.)). Nizamia Learning Center.
Indriyani, A. E., & Hariyatmi. (2023). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sragen dalam Menyusun Modul Ajar Tahun Ajaran 2022/2023. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 831–838.
Khaira, I., Susilawati, E., & Renaldi, R. (2021). Implementasi Rancangan Pembelajaran Berbasis TPACK sebagai Integrasi Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Ekonomi Kesehatan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 111–119.
Mairisiska, T., Sutrisno, & Asrial. (3 C.E.). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK pada Materi Sifat Koligatif Larutan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Edu-Sains, 1, 28–37.
Novauli M., F. (2015). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1), 45–67. https://doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8
Nurhidayah, R., & Irwandi, D. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Edusains, 7(1), 36–47. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1397
Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan IPA IX, 1–14.
Sudibjo, N., Asmawati, L., & Yasin, M. F. (2021). Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pengawas Sekolah Dasar Kabupaten Ciruas, Banten. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 121–128. https://doi.org/10.30651/aks.v5i1.4827
Swathi, N. N. S. (2011). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru-Guru IPA Menyusun Modul Melalui Bimbingan Teknis pada SMP Binaan Kota Mataram. GaneÇ Swara, 5(2), 51–61. http://unmasmataram.ac.id/wp/wp-content/uploads/9.-Ni-Nengah-Sri-Swati.pdf
Yanti, Sudarisman, & Maridi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Guided Inquiry. Inkuiri, 5(2), 108–121.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Bahan Ajar, Guided Inquiry, Kompetensi Pedagogi, TPACK
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-01
|
Cara Mengutip | : |
Agustina, P., & Saputra, A. . (2024). PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGI GURU IPA DAN BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS GUIDED INQUIRY - TPACK. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 44–49. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1777
|
Terbitan | : |