PENERAPAN PSIKOEDUKASI SEKSUAL BERBASIS MEDIA TERINTEGRASI PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL SISWA SEKOLAH DASAR

Opi Andriani ( UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
Elvima Nofrianni ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Astriana Pratiwi ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi adanya peran guru yang belum berdampak secara optimal dalam upaya mencegah kekerasan seksual pada siswa sekolah dasar. Beberapa hal menjadi kendala dalam penerapan pencegahan kekerasan seksual diantaranya, guru tidak berani dan tabu, guru tidak paham, guru tidak punya strategi secara edukatif dan integratif. Salah satu cara mencegah kekerasan terhadap siswa sekolah dasar adalah melalui psikoedukasi seksual berbasis media yang terintegrasi dalam pembelajaran. Tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Muara Bungo melakukan sosialiasasi penerapan psikoedukasi seksual kepada guru SD 196/II Taman Agung. Kegiatan pengabdian menggunakan metode praktek dengan cara simulasi pendampinganya langsung dari tim pengabdian yang diawali penyampaian materi. Rangkaian Kegiatan dilaksakan diruang rapat dan dilanjutkan simulasi ke ruang kelas. Adapun metode yang digunakan selama pengbadian adalah ceramah, diskusi, simulasi, dan refleksi. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini adalah guru memperoleh pemahaman baru tentang pentingnya psikoedukasi seksual diberikan sejak dini, guru mampu membuat dan mengunakan media yang mengandung unsur psikoedukasi seksual sesuai usia anak serta memperoleh strategi penerapan bahasa dan nada yang tepat sesuai usia siswa agar pembelajaran dengan konten psikoedukasi seksual memang mengarah ke denotatif.

Referensi

Adriananta, I. B., Wakhid, U. N., Hidayah, N., & Karyani, U. (2022). Rancangan Intervensi Psikoedukasi Video Boneka Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Usia Dini. Seminar Nasional Psikologi UAD, 1.

Ain, N., Mahmudah, A. F., Susanto, A. M. P., & Fauzi, I. (2022). Analisis diagnostik fenomena kekerasan seksual di sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 49–58.

Fransisca, R., & Putri, Y. E. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pengenalan Seks Pada Anak Usia Dini. I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(02), 50–60.

Joni, I. D. A. M., & Surjaningrum, E. R. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru dan Orang Tua Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Diversita, 6(1), 20–27.

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.

Napitupulu, Y. R., & Julio, B. A. (2023). Pelecehan Seksual Anak Di Bawah Umur Pada Anak Indonesia. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(10), 3088–3095.

Permatasari, E., & Adi, G. S. (2017). Gambaran pemahaman anak usia sekolah dasar tentang pendidikan seksual dalam upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak. The Indonesian Journal of Health Science, 9(1).

Pianda, D. (2018). Best practice: karya guru inovatif yang inspiratif: menarik perhatian peserta didik. CV Jejak (Jejak Publisher).

Salmon, H. C. J., & Zidan, A. (2022). Catcalling Sebagai Bentuk Kekerasan Seksual Non Fisik. SANISA: Jurnal Kreativitas Mahasiswa Hukum, 2(2), 44–56.

Soesilo, T. D. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 47–53.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Zakiyah, R., Prabandari, Y. S., & Triratnawati, A. (2016). Tabu, hambatan budaya pendidikan seksualitas dini pada anak di kota Dumai. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(9), 323–330.


Keywords  :  
Kata Kunci: psychoeducation, sexual, students, elementary school psikoedukasi, seksual, siswa, sekolah dasar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-05
Cara Mengutip  :  
Andriani, O., Nofrianni, E. ., & Pratiwi , A. . (2024). PENERAPAN PSIKOEDUKASI SEKSUAL BERBASIS MEDIA TERINTEGRASI PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 97–106. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1737
Terbitan  :