PENGGUNAAN APLIKASI SEO UNTUK OPTIMALISASI PROMOSI PARIWISATA BAGI PEMUDA DI BANDAR LAMPUNG
Abstrak
Promosi pariwisata daerah dapat dilakukan dengan SEO, namun pada konteks promosi pariwisata daerah di Kota Bandar Lampung diketahui jika kendalanya pada keterampilan dan pengetahuan kelompok pemuda untuk mengaplikasikan SEO. Kegiatan ini bertujuan untuk (1). Meningkatkan muatan pengetahuan yang dimiliki oleh kelompok pemuda dalam mendukung promosi pariwisata daerah, dan (2). Meningkatkan keterampilan kelompok pemuda dalam mengaplikasikan SEO guna kepentingan promosi pariwisata daerah. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pelatihan yang menghadirkan materi terkait pengetahuan tentang aplikasi SEO dan penguatan keterampilan penggunaan aplikasi SEO. Khalayak sasaran melibatkan 15 orang pemuda yang aktif menggunakan sosial media dan kampanye digital pariwisata. Berdasarkan evaluasi kualitatif yang dilakukan, peserta kegiatan promosi pariwisata daerah merasa puas dan merasa bahwa kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka. Hampir seluruh peserta berpartisipasi aktif dalam diskusi, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut telah mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan.
Referensi
Adelia, D. (2022). TA: FESTIVAL KRAKATAU SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA SENI BUDAYA PROVINSI LAMPUNG.
Afifa, N., & Defrizal, D. (2022). Analisis Strategi Promosi Wisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Puncak Mas Sukadanaham Bandar Lampung. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 245–252.
Al-Munawarah, S. Z., Burhan, M. I., Andini, A., & Bakhtiar, M. I. (2023). Peningkatan Kapasitas Promosi Desa Wisata Tompobulu Berbasis Kelompok Pemuda Desa. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 523–529.
Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). eProceedings of Management, 3(2).
Damayanti, D., Rusliyawati, R., Susanto, E. R., Putra, A. D., Bachtiar, A. F., Mahendra, A., & Mila, N. A. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PEMUDA-PEMUDI KARANG TARUNA DI DESA KUNJIR LAMPUNG SELATAN. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 254–259.
Fitriana, R., & Putri, L. D. (2021). BIMBINGAN TEKNIS PROGRAM CHSE PADA PELAKU USAHA PARIWISATA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 229–237. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i1.3765
HAPPY, T. (2023). ANALISIS SOCIAL MEDIA MARKETING PADA AKUN INSTAGRAM UMKM RESPIESUSU DI KOTA BANDAR LAMPUNG.
Hidayah, N., Suherlan, H., Wibowo, B., & Nurrochman, M. (2023). ANALISIS KINERJA WEBSITE DESA WISATA NGARGORETNO DENGAN MENGGUNAKAN EMICA MODEL DAN SEO ANALYTIC TOOLS. Jurnal Pariwisata, 10(1), 14–22.
Judisseno, R. K. (2019). Branding Destinasi & Promosi Pariwisata. Gramedia pustaka utama.
Mardiyantoro, N., & Kholid, A. L. (2021). Peningkatan Branding Pada Website Sikidang. Com Dengan Menggunakan Teknik Search Engine Optimization (SEO) On Page Dan Off Page di CV. Oafindo Wonosobo. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 262–267.
Marisa, Y. (2021). Pengelolaan website dinas pariwisata Provinsi Lampung sebagai media promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Jurnal Industri Pariwisata, 3(2), 89–98.
Puspita, I. L., Ariningrum, H., Sariningsih, E., Alansori, A., & Dewi, T. S. W. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Dan Pemasaran Bagi UMKM Kemiri Kelurahan Sumber Agung Bandar Lampung. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 59–65.
Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal of Community Service Learning, 6(2).
Sidik, H. (2022). PEMBANGUNAN KESADARAN DAYA SAING PARIWISATA INTERNASIONAL PADA KELOMPOK PEMUDA DI BANDAR LAMPUNG. docx. Nengah Nyappur, 1(1), 58–71.
Soamole, B., & Djaelani, Y. (2022). Pelatihan literasi digital kepada pemuda karang taruna dan ibu-ibu penjual umkm dalam upaya meningkatkan promosi kunjungan keobjek wisata di desa lako akelamo kec. Sahu kab. Halmahera barat. BARiFOLa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).
Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81–92.
Yusnanto, T., Arifah, F. N., & Wahyudiono, S. (2021). SEO untuk meningkatkan potensi wisata di desa ngargoretno. Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 49–54.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Tourism Promotion, Regional Tourism, SEO Application, Youth Promosi Pariwisata, Pariwisata Daerah, Aplikasi SEO, Pemuda
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-03-01
|
Cara Mengutip | : |
Hutagalung, S. S., & Rakhmadi, R. (2024). PENGGUNAAN APLIKASI SEO UNTUK OPTIMALISASI PROMOSI PARIWISATA BAGI PEMUDA DI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1729
|
Terbitan | : |