WORKSHOP EFEKTIVITAS KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PAIRED STORYTELLING SEKOLAH DASAR

Elvima Nofrianni ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Opi Andriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SDN 103/II Tanjung Agung Kabupaten Muara Bungo. Permasalahan mitra yakni (1) Kurangnya aktivitas siswa dalam berbicara, (2) Kurangnnya rasa percaya diri dan keberanian siswa pada proses pembelajaran di kelas. (3) Guru kurang berinteraksi dengan siswa dan kurang menggunakan model pembelajaran yang menarik dan bervariasi. PKM ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi mitra yaitu Guru SDN 103/II Tanjung Agung Kabupaten Muara Bungo untuk meningkatkan efektivitas keterampilan berbicara menggunakan model paired storytelling sekolah dasar. Metode pelaksanaan PKM dilakukan dengan: (1) Metode Ceramah, (2) Diskusi pembelajaran dan (3) Simulasi efektivitas keterampilan berbicara menggunakan model paired storytelling sekolah dasar. Hasil PKM yang dijalankan yakni Workshop efektivitas keterampilan berbicara menggunakan model paired storytelling sekolah dasar. Hasil lembar respons peserta menyatakan hasil sebesar dengan sangat baik; dan, terutama bagi guru kelas sehingga dalam pembelajaran memiliki variasi dalam memanfaatkan model-model pembelajaran.

Referensi

Abdul, L. (2007). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Adinda, E. N., Helminsyah, H., & Marlini, C. (2020). Efektivitas Penerapan Model Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V Sdn 68 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Ahmad, S. (2005). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Jendriadi, J., Mery Carnelia, C., Riwayati Zein, Z., & Nelwati, S. (2019). Proceedings The Influence Of Paikem Gembrot Aproach For The Skill Of Writing Descriptive For The Students Grade V In Elementary School. The Influence Of Paikem Gembrot Aproach For The Skill Of Writing Descriptive For The Students Grade V In Elementary School.

Supriadi, D. (2018). Implementasi manajemen inovasi dan kreatifitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 125–132.

Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2).


Keywords  :  
Kata Kunci: Speaking Skills, Paired Storytelling Model, Elementary School Keterampilan Berbicara, Model Paired Storytelling, Sekolah Dasar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-05
Cara Mengutip  :  
Nofrianni, E., & Andriani, O. . (2024). WORKSHOP EFEKTIVITAS KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PAIRED STORYTELLING SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 115–120. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1671
Terbitan  :