STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA MENGATASI PUTUS SEKOLAH

Grasiara Naya S ( Universitas Singaperbangsa Karawang )
Mery Suryanti ( Universitas Tanjungpura )
Hana Faridah ( Universitas Singaperbangsa Karawang )

Abstrak

Saat ini generasi siswa SD putus sekolah masih menjadi fenomena masif di Desa Matang Segarau. Sehingga menjadi sorotan dan prioritas bagi desa-desa yang melakukan upaya ekstra untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan data desa, masih ditemukan 28 orang yang tidak bersekolah sama sekali. Selain itu dari segi pendidikan lulusan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 120 orang, disusul lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) urutan kedua sebanyak 105 orang. Data tersebut menunjukkan bahwa lulusan pada jenjang Wajib Belajar 9 (sembilan) tahun masih rendah. Artinya semakin tinggi pendidikan maka semakin sedikit penduduk yang mempunyainya. Penyelesaian permasalahan tersebut merupakan tugas bersama seluruh pemangku kepentingan yang ada di desa Matang Segarau, sehingga menarik perhatian penulis untuk melakukan penelitian di desa ini, bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi. Metode yang digunakan adalah metode studi empiris kualitatif (penelitian lapangan), yaitu dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi secara langsung di lokasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa putus sekolah, kemudian faktor-faktor penyebab kurangnya motivasi belajar dan kendala dalam proses belajar siswa sekolah dasar dengan merumuskan strategi peningkatan motivasi belajar di sekolah dasar mahasiswa agar ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan dan menjadi solusi dalam upaya penanggulangan anak putus sekolah dasar, di desa Matang Segarau, Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.

Referensi

Adam Firdaus, Moh. Wispandono dan Helmi Buyung. 2019. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Kantor Kecamatan Kabupaten Bangkalan). Eco-Entrepreneurship. Vol. 5, No. 1 Tahun 2019 hal 20

Admin, (2022). Bentuk-Bentuk Motivasi di Sekolah dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. tersedia melalui https://psikologi.uma.ac.id/bentuk-bentuk-motivasi-di-sekolah-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-motivasi-belajar/ diakses pada (2023: 25 Juli).

Agustin S Dakhi. 2020. Buku Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Penerbit: Deepublish. Yogyakarta. Hal. 11, 13, 10

Eca Gesang Mentar dkk. 2019. Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dilengkapi dengan Manajamen Perpustakaan dan Ekstrakulikuler. Nia Kurniasari S.Pd. Bab IV Menajemen Ekstrakulikuler Paud (I). Temanggug Jawa Tengah: Desa Pustaka Indonesia.

Eis Imroatul Muawanah dan Abdul Muhid. 2021. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19: Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. Vol 12. No 1 Tahun 2021 hal 93.

Erwin Widiasworo. 2017. Kiat Sukses Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bdk. 1993. Robert Doolittle Searching Your Hearts. Winona: St. Mary’s Press. hal. 72

Bdk. Sastrapratedja M, SJ. 2013. Pendidikan sebagai Humanisasi. Pusat Kajian Filsafat dan Pancasila. Jakarta.

Gravissum Educationis dari Gielen, J,. dan S. Strasser, Ilmu Mendidik, Yogyakarta: FKIP Sanata Dharma (Penerjemah), seluruh Bab I, Khususnya. hal 4

Gunarsa dan Yulia Singgih. 2012. Psikologi untuk Keluarga Penerbit: Libri. Jakarta. Hal 10, 73-85

Harbeng Masni. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Dikdaya. Vol 5. Tahun 2015 hal 39-40

Isnaini Mahuda. 2022. Penanaman Kesadaran Pentingnya Pendidikan Dan Motivasi Belajar Sebagai Upaya Pencegahan Putus Sekolah Bagi Siswa Lemah Abang. Jurnal Of Community Services And School Education. Vol. 2, No. 2, Tahun 2022 hal 145

Kadek Ranti. 2019. Upaya Pencegahan Anak Putus Sekolah di SMP Negeri 1 Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Bali. E-journal. Vol. 1, No 1 Tahun 2019 hal 18

Khuswatun Khasanah. 2019. Peta Konsep Sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edu Trained. Vol 3. No 2. Tahun 2019 hal 155-156

Mardiatmadja. 2017. Buku Belajar Mendidik. Yogyakarta: PT Kanisius

Prodeskel. 2022. Profil Desa Matang Segarau. dapat diakses melalui Prodeskel. Binapemdes. Kemendagri.go.id/datapokok_desa/datapokok_desa.php?dan&tahun=2022&kodesa=6101031001. Kalimantan Barat.

Sardiman 2018 dari A Yuliana Dewi. 2019. Kajian Teori Motivasi Belajar. Repositori unsil ac.id. Tahun 2019 Hal. 10,75-85

Siti Baroah. 2020. Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu. Vol. 4, No. 1. Tahun 2020 hal 1070

Sliphy a. Octavia. 2020. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.


Keywords  :  
Kata Kunci: Strategy, Learning Motivation, Elementry School Strategi, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-01
Cara Mengutip  :  
Naya S, G., Suryanti, M. ., & Faridah, H. . (2024). STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA MENGATASI PUTUS SEKOLAH. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 62–70. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1500
Terbitan  :