PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SMP IT IBNU SINA MERAUKE

Don Jaya Putra ( Universitas Musamus )
Delson Albert Gebze ( Universitas Musamus )
Algiranto Algiranto ( Universitas Musamus )

Abstrak

SMP Ibnu Sina Merauke merupakan salah satu sekolah menengah di Kabupaten Merauke yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sejak tahun 2019. Sebagai sekolah yang baru berdiri salah satu permasalahan yang dialami sekolah ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif terbaru dalam proses pembelajaran IPA. Berdasarkan kajian terkait persalahan tersebut ditemukan bahwa pembelajaran IPA di kelas masih menggunakan metode konvensional ceramah satu arah sehingga pembelajaran IPA dianggap membosankan dan kurang menarik menurut peserta didik. Hal ini berdampak pada hasil belajar IPA peserta didik yang rendah. Kemudian ditemukan bahwa minimnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran IPA disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru terhadap media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran IPA di kelas.  Sehingga diharapkan dari kegiatan pengabdian ini dapat mengenalkan kepada guru IPA maupun guru mata pelajaran lain di SMP Ibnu Sina bagaimana menggunakan media pembelajaran interaktif yang berbasis web dalam proses pembelajaran di kelas sehingga pelajaran menjadi lebih menarik, lebih hidup, lebih aktif serta lebih bermakna yang akan berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA siswa di sekolah. Selain itu, pengabdian ini merupakan bentuk refleksi bagi akademisi di universitas atau isntitusi penulis dalam mengembangkan sistem pembelajaran yang efesien, efektif dan kreatif.

Referensi

Dasmo, D., Budi Bhakti, Y., & Napis, N. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran Phet simulation dalam eksperimen fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 1(1), 18–21. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.192

Kurniawan, R. A., Rifa’i, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i1.6

Putra, D. J., & Rahman, Z. (2019). The role of guidance and counseling teacher in solving students’learning difficulties in physics. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032056

Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14202

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2017). Funding ranking institutions - regions - networks ; thematic profiles of higher education institutions and non-university research institutions in light of publicly funded research. Journal of Science Education and Practice, 1(1), 20–31.

Sinulingga, P., Hartanto, T. J., & Santoso, B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.02109

Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri Plus Sukowono Materi Usaha Dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 200. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V8i2.9586

Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi Penggunaan Media Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39. https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1448

Yuafi, M., & . E. (2015). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Phet (Physics Education Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Titl Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Di Smkn 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 407–414.


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning media, interactive, sosial responsibility, PhET Media Pembelajaran, interaktif, pengabdian, PhET.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-12
Cara Mengutip  :  
Putra, D. J., Gebze, D. A., & Algiranto, A. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SMP IT IBNU SINA MERAUKE. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(2), 392–397. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1469
Terbitan  :