WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Nurlev Avana ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Alat evaluasi harus mencerminkan tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam kurikulum, agar hasil evaluasi memberikan gambaran yang akurat tentang pencapaian siswa. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam pengembangan instrument evaluasi pembelajaran di Sekolah Dasar. Instrument pembelajaran saat ini sangat dibutuhkan peserta didik karena dengan adanya instrument pembelajaran tersebut dapat mengukur tingkat kesukaan peserta didik terhadap mata pelajaran. Instrument yang akan dikembangkan berisikan tentang soal-soal yang sesuai dengan pengetahuan faktual berdasarkan kisi-kisi yang terdiri dari kompetensi dasar, indikator penilaian, ranah kognitif, yang sesuai dengan tema pembelajaran pada siswa kelas IV. Peserta pelatihan pengembangan instrument pembelajaran di Sekolah Dasar adalah guru-guru dan calon-calon guru. Kegiatan PKM dilakukan secara synchronous (tatap maya) ataupun asynchronous pada tempat serta waktu yang berlainan dengan pendekatan service learning. Hasilnya pengabdian menunjukkan adanya kesesuaian materi dengan kebutuhan guru-guru SD untuk meningkatkan profesionalitasnya, khususnya dalam pembuatan Instrumen pembelajaran.

Referensi

Ananda, R. dan F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Basicedu, 2, 11–21.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85.

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148.

Asyhari, A. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam Dan Budaya Indonesia Dengan Pendekatan Kontekstual. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1). http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/6437.

Baidhowi. (2018). Instrumen Penilaian Sikap Sosial (Studi Penilaian Sikap Sosial pada mata pelajaran Fikih di Jurusan Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuk) Muhammad Rizal. Jurnal Edudeena, 2(1). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/518.

Barus, G. (2015). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi Di SMP. Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4827.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.8.

Destiyanti, C., Amin, M., & Putera, L. J. (2021). Gender-Based Analysis of Students’ Ability in Answering Factual and Vocabulary-in-Context Questions of the TOEFL-Like Reading Comprehension Test. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.926.

Djafar, & Nurhafizah. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Jurnal Idaarah, 2(1), 24 – 36. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064.

Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2017). Going beyond the lesson: Self-generating new factual knowledge in the classroom. Journal of Experimental Child Psychology, 153. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jecp.2016.09.003.

Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pengembangan Instrumen, Matematika, Guru, Sekolah Dasar Instrument Development, Mathematics, Teacher, Elementary Schools
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-03-07
Cara Mengutip  :  
Avana, N. (2024). WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 179–183. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1425
Terbitan  :