PENDAMPINGAN EKTRAKURIKULER KIR MELALUI PENGGUNAAN ASESMEN AUTENTIK BERBASIS MINI-RISET

Ina Setiawati Setiawati ( Universitas Kuningan )
Rahma Widiantie ( Universitas Kuningan )
Handayani Handayani ( Universitas Kuningan )

Abstrak

Pendidikan di era modern menuntut perkembangan kompetensi siswa di luar mata pelajaran inti. Salah satu upaya untuk mencapai hal ini yaitu ekstrakurikuler, khususnya kelompok ilmiah Remaja (KIR). KIR memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan penelitian, pemecahan masalah, dan kreativitas mereka. Untuk memaksimalkan manfaat dari kegiatan ini, diperlukan pendampingan KIR yang efektif dan penggunaan asesmen autentik berbasis mini riset dapat membantu memudahkan pendampingan KIR mencapai tujuannya. Metode Pendampingan KIR meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pendampingan KIR diantaranya membantu memfasilitasi siswa untuk menambah wawasan secara akademis dan keterampilan menulis karya ilmiah, 60% siswa sudah mampu membuat rancangan mini riset dengan baik, namun 80 % siswa  menyatakan  bahwa para siswa masih mengalami kendala dalam hal waktu mengerjakan mini riset tersebut.  


Keywords  :  
Kata Kunci: KIR, Mini-Research, Authentic Assessments KIR, Mini riset, Asesmen Autentik
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Setiawati, I. S., Widiantie, R., & Handayani, H. (2023). PENDAMPINGAN EKTRAKURIKULER KIR MELALUI PENGGUNAAN ASESMEN AUTENTIK BERBASIS MINI-RISET. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(2), 376–382. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1422
Terbitan  :