PKM APLIKASI EMAK (ENGLISH AND MATHEMATICS ACQUISITION THROUGH KUMON METHOD) SEBAGAI PROGRAM LITERASI SEKOLAH
Abstrak
Literasi Matematika dan Bahasa Inggris merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa pada era globalisasi saat ini. Literasi Matematika berfokus pada literasi numerasi, sedangkan literasi Bahasa Inggris berfokus pada literasi baca tulis. Berdasarkan data, literasi Matematika dan literasi Bahasa Inggris siswa SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang masih tergolong rendah. Guru masih banyak yang belum menemukan metode pembelajaran yang cocok diterapkan untuk meningkatkan literasi matematika dan Bahasa Inggris siswanya. Penerapan metode Kumon yang efektif dalam pembelajaran masih belum diketahui oleh guru SMPIT Ihsanul Fikri. Selain itu, penguasaan literasi Matematika dan literasi Bahasa Inggris juga belum diselaraskan dengan program literasi di sekolah. Dengan demikian, diadakanlah kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa pelatihan dan pendampingan pembuatan aplikasi EMAK (English and Mathematics Acquisition through Kumon Method). Aplikasi EMAK menggunakan platform moodle sehingga dapat dikontrol dengan akun admin, akun guru, dan akun siswa. Kegiatan PKM dilakukan melalui tahapan persiapan, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan pelatihan melibatkan semua guru Matematika dan guru Bahasa Inggris SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Hasil posttest menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta pelatihan, yaitu dengan rata-rata 82 yang sebelumnya 75. Ketrampilan guru dalam membuat kuis menggunakan aplikasi EMAK juga meningkat. Selanjutnya dilakukan kegiatan FGD guna melihat keberhasilan dan kendala kegaiatan PKM.
Referensi
Adna, S. F., Nasution, N. B., & Gunawan, G. G. (2022). Efektifitas e-modul berbasis kumon berbantuan moodle terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 243–250. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1406
Agustina, D., Fatih’Adna, S., (2019). Pelatihan pembuatan lembar kerja siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP. Prosiding Seminar , 44–51. https://prosiding.umy.ac.id/semnasppm/index.php/psppm/article/download/462/367
Aini, E. N., ’Adna, S. F., & Najibufahmi, M. (2021). Pengembangan mobile learning berbasis android dengan metode kumon untuk materi integral tak tentu. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 271. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1415
Jana, P., Nurchasanah, & Adna, S. F. (2021). E-learning during pandemic covid-19 era drill versus conventional models. International Journal of Engineering Pedagogy, 11(3), 54–70. https://doi.org/10.3991/IJEP.V11I3.16505Kurniawan,
A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). Problematika guru dalam melaksanakan program literasi di kelas iv sekolah dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37.
Massimo, D. E. (2019). Pisa Theory Group(OECD (ed.)). OECD. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en
Nasution, N. B., ’Adna, S. F., & Agustina, D. (2020). Pendampingan identifikasi masalah siswa dalam pembelajaran matematika dan bahasa inggris dengan metode kumon di smp negeri 14 pekalongan. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 177–184. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i2.357
Keywords | : |
Kata Kunci:
English, Literacy, Mathematics, Kumon method, Moodle Bahasa Inggris, Literasi, Matematika, metode Kumon, Moodle
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-10-18
|
Cara Mengutip | : |
'Adna, S. F., Chasanah, A. N., Hadi Manggolo, N. S. K., Putra Alamsyah, D. D., Maulida, D., Ariska, V., & Bronte Anwar, Y. P. (2023). PKM APLIKASI EMAK (ENGLISH AND MATHEMATICS ACQUISITION THROUGH KUMON METHOD) SEBAGAI PROGRAM LITERASI SEKOLAH. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(2), 398–404. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1421
|
Terbitan | : |