PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR UNTUK PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA

Septiana Kurniasari ( Universitas Negeri Gorontalo )
Muhammad Yunus ( Universitas Negeri Gorontalo )
Sandi Nuralim ( Universitas Negeri Gorontalo )
Tirani Mantulangi ( Universitas Bina Mandiri )
Moh Arif Alfan Habibi ( Universitas Kanjuruhan Malang )

Abstrak

Rendahnya tingkat literasi numerasi di Indonesia menyebabkan sumber daya manusia tidak kompetitif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka melalui program Kampus Mengajar Angkatan 5, mahasiswa menyusun program-program yang diterapkan selama masa penugasan di SD Negeri 12 Kabila. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui peran mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam peningkatan literasi numerasi siswa. Metode yang digunakan dalam  kegiatan  ini adalah metode deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar Angkatan 5 sangat berpengaruh dalam mewujudkan peningkatan literasi numerasi pada siswa. Mahasiswa sebagai agent of change juga sangat berperan penting dalam meningkatkan antusiasme, motivasi belajar dan hasil belajar siswa serta menciptakan media pembelajaran yang asyik dan menyenangkan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kampus Mengajar, Numeracy Literacy, Students Kampus Mengajar, Literasi Numerasi, Mahasiswa
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Kurniasari, S., Yunus, M., Nuralim, S., Mantulangi, T., & Alfan Habibi, M. A. (2023). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR UNTUK PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(2), 325–330. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1389
Terbitan  :